Lihat ke Halaman Asli

Abil Prasetya

mahasiswa sastra

Pengalaman Pertama ke Museum Wayang Jakarta

Diperbarui: 17 Desember 2023   16:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Museum wayang adalah tempat yang tidak pernah terpikirkan untuk saya kunjungi, Apalagi dijadikan tempat ngedate. Jika bukan karena Dosen saya, nampaknya saya tidak akan memiliki memori dengan Museum Wayang. Sangat beruntung bisa memiliki kesempatan berkunjung ke salah satu Museum keren di Jakarta 3 bulan lalu, tepatnya tanggal 24 September 2023.

                Kereta Rel Listrik menjadi transportasi umum yang tepat untuk menempuh perjalanan saya dan pacar saya dari Depok menuju Jakarta. Selain tidak harus melewati titik macet di Depok dan Jakarta, KRL juga menjadi pilihan yang tepat untuk orang yang hemat seperti saya. Tarif sebesar Rp.5000 per-orang sangat worth it untuk membantu perjalanan kami dari Stasiun Depok menuju Stasiun Jakarta Kota.

                Karena ini pengalaman pertama, kami sempat mencari-cari dimana Museum itu terletak. Sampai akhirnya kami bertanya kepada petugas yang sedang berjaga di Kota Tua. Setelah di arahkan, akhirnya kami melihat Gedung Putih bertuliskan Museum Wayang. Tanpa pikir panjang, kami langsung masuk ke tempat tersebut.

                Ketika masuk ke dalamnya kami langsung membeli 2 tiket dengan harga Rp.3000 per-orang. Setelah membeli tiket, kami menuju lorong pertama yang diisi oleh Wayang Jawa. Lalu saya melanjutkan ke ruangan berikutnya yang membuat saya kaget, ternyata isi dari Museum Wayang tidak hanya diisi oleh wayang yang berasal dari Indonesia melainkan dari beberapa negara lain.

                Setelah melihat-lihat wayang, kami langsung menuju satu ruangan besar yang kebetulan sedang ada pertunjukan wayang kulit berjudul "Gathutkaca Wisuda" oleh Ki Kasmin G. Karena pada saat itu banyak penonton yang tidak mengerti bahasa Jawa, Ki Kasmin sesekali membawakan lakon tersebut dengan Bahasa Indonesia. Sangat senang bisa mengisi hari itu dengan berkunjung ke Museum Wayang dan menonton langsung pertunjukan wayang.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline