Lihat ke Halaman Asli

Abiesa Analistiana

Student in Kastamonu University

Leader atau Bos untuk Indonesia?

Diperbarui: 20 November 2015   14:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

PERBEDAAN ANTARA BOS DAN LEADER

1. Bos says “I” vs Leader says “we”
 Bos selalu mengatakan “aku" kepada bawahannya, sedangkan Leader selalu mengatakan “kita” kepada timnya. Karena bagi Bos yang paling berarti dalam suatu misi adalah dirinya, sedangkan Leader menyatakan kita semua penting dalam menyelesaikan suatu misi.

2. Bos says “Go” vs Leader says “Let’s Go”
 Bos mengatakan “pergilah” sedangkan Leader mengatakan “mari kita pergi”.
Maksud pergi disini bukanlah pergi ke suatu tempat, namun lebih pada menjalankan tugas . jika Bos menyuruh anak buah nya bekerja dan ia hanya menunggu pekerjaannya selesai. Berbeda lagi dengan leader, ia lebih menitik beratkan pada bekerja bersama .

3. Boss ( Inspires fear ) vs Leader ( Earns Respect)
 Bos cenderung memberikan rasa takut kepada anak buahnya. Namun, seorang Leader lebih menunjukkan wibawanya, sehingga timnya menaruh rasa hormat padanya.

4. Bos ( use people ) vs Leader ( Develops people )
 Bos hanya menggunakan orang-orang bawahannya untuk melakukan suatu kegiatan tanpa adanya evaluasi setelah pekerjaan selesai. Sedangkan seorang Leader selalu memberikan evaluasi setelah pekerjaan usai, sehingga orang yang dipekerjakan akan berkembang dan tidak hanya melulu orang itu saja yang dipekerjakan melainkan ada pergantian pekerjaan.

5. Bos (Take credit) vs Leader (Give Credit)
 Bos lebih mengejar pada hasil atau prestasi yang luar biasa pada bawahannya tanpa ikut berpartisipasi. Sedangkan seorang leader ikut serta memberikan hasil atau prestasi pada timnya dan terkadang seorang Leader memberikan suatu penghargaan kepadanya timnya sebagai rasa terimakasih telah bekerjasama dengannya.

6. Is your “Bos” vs Is your “Colleague”
 Seorang bos menempatkan dirinya pada posisi tertinggi lebih pada kekuasaan. Sedangkan seorang Leader menempatkan dirinya sebagai seorang rekan kerja dimana suatu pekerjaan dilakukan secara bersama-sama bak seorang rekan yang melangkah bersama.

7. Bos ( Focused on process ) vs Leader ( Focused on people )
 Bos lebih focus pada proses pekerjaan itu berlangsung. Sedangkan seorang Leader lebih menekankan pada bagaimana seseorang itu bekerja.

8. Bos ( Impersonal ) vs Leader ( Compassionate )
 Bos menekankan pada keadilan tanpa memandang orang yang bekerja. Sedangkan seorang leader bekerja dengan kasih sayang yang melibatkan rasa antara seorang leader dengan timnya.

9. Bos ( Micromanages ) vs Leader ( Delegates )
 Bos mengolah suatu sistem yang berjalan secara individu tanpa melibatkan anak buahnya. Sedangkan seorang Leader mengolah suatu sistem yang berjalan bersama dengan timnya.

LEBIH BAIK MANA ANTARA LEADER DAN BOS?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline