Lihat ke Halaman Asli

MUHAMAD ABID

Hidup Dalam perubahan itu Memang Sulit, Tetapi Hidup Tanpa Perubahan Akan lebih Sulit.

4 Efek Negatif Diskon pada Perusahaan, Mau Tahu Cara Mengatasinya?

Diperbarui: 31 Agustus 2023   12:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi diskon (Karolina Grabowska/Pexels)

Penulis: Muhamad Abid S.E., M.M. - Dosen Universitas Pamulang, Praktisi HR

Apa yang ada dipikiran Anda ketika mendengar kata Diskon? Ya, tepat sekali, yang ada dipikiran Anda pasti "Potongan Harga".

Diskon merupakan potongan harga yang diberikan oleh penjual kepada pembeli sebagai penghargaan kepada pembeli yang loyal untuk menjaga hubungan baik yang telah terjalin antara penjual dengan pembeli.

Diskon juga merupakan potongan harga untuk beberapa produk tertentu bisa jadi produk yang sudah belum terjual atau produk reject, bahkan ada juga diskon yang diberikan kepada pembeli katika bertepatan dengan event seperti yang baru saja kita lewati yaitu hari kemerdekaan dengan berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Tujuan pemberian diskon itu ternyata hanya untuk menarik pelanggan baru bukan untuk pelanggan lama, dengan adanya diskon diharapkan dapat menarik minat pelanggan baru yang belum pernah membeli produk kita, mungkin karena kurang mengetahui keunggulan atau manfaat dari produk yang kita miliki.

Diskon diakui sebagai cara yang ampuh untuk meningkatkan penjualan barang lama yang tidak terjual menjadi terjual kembali, juga untuk meningkatkan aktivitas kunjungan pelanggan ke toko.

Namun apakah Anda pernah berfikir tentang efek negative yang ditimbulkan dari diskon terhadap brand image Anda jika produk yang Anda miliki terlalu sering di diskon?

Pernahkan Anda berpikir bagiamana kualitas pembeli yang perusahaan Anda miliki? Apakah kualitas tersebut tepat untuk produk yang Anda miliki? Atau ternyata Anda menjual produk pada kualitas pembeli yang salah karena treatment yang salah?

Jangan sampai Anda berfikir yang penting produk Anda laku dengan adanya diskon tanpa Anda memperharikan kualitas pelanggan yang Anda miliki, jangan sampai ketika banyak pelanggan yang datang ke toko Anda tidak jadi membeli produk karena tidak ada diskon, lalu Anda berfikir untuk segera mengadakan diskon agar pelanggan tersebut menjadi berminat membeli produk Anda, hati-hati jika Anda pernah berpikiran seperti itu karena itu pemikiran yang keliru dalam dunia pemasaran.

Anda perlu mengetahui, efek dari pemberian diskon yang terlalu sering 

Pemberian diskon yang terlalu sering justru akan memberikan efek negatif kepada perusahaan Anda. Mengapa?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline