Lihat ke Halaman Asli

Abit Sabita

Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Alma Ata

Mengenal Inovasi Bisnis serta Aspek Pentingnya

Diperbarui: 10 November 2021   12:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image map inovation bisnis idea. Sumber: doc. Koleksi gambar Abid

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat sebagian besar melakukan inovasi bisnis terhadap bisnis yang dijalankannya. Beberapa diantaranya menginovasikan apa yang sudah ada untuk lebih dikenal banyak orang dan meningkatkan penjualan, baik penjualan barang maupun jasa. Hingga saat ini tidak hentikan orang -orang melakukan inovasi dengan berbagai alasan. 

Menurut para ahli, inovasi merupakan contoh suatu kreatifitas, inisiatif yang kuat serta daya cipta mampu menghasilkan sesuatu secara materi lebih bagus jika dibandingkan dengan berbagai penemuan yang ada sebelumnya. Inovasi sendiri memiliki tujuan yakni menciptakan suatu kemudahan yang baru bagi kehidupan manusia melalui perkembangan maupun penemuan terbaru melalui ide - ide kreatif yang dapat diwujudkan dengan baik. 

Aspek-aspek Inovasi Bisnis

Dalam inovasi bisnis terdapat beberapa aspek penting yang sangat memungkinkan dilakukannya suatu inovasi, diantaranya :

  1. Produk 

Tujuan dari inovasi produk adalah meningkatkan fungsi, kualitas serta pengemasan produk supaya terlihat lebih menarik dan biaya operasional lebih rendah. Adanya inovasi bisnis dalam suatu jasa maupun produk yang sesuai dengan konsumen tentu akan lebih laku dipasaran sehingga akan meningkatkan peningkatan perusahaan. Produk menjadi salah satu penentu dalam inovasi suatu bisnis. 

  1. Pemasaran 

Pemaran merupakan suatau proses untuk menyusun komunikasi terpadu dengan tujuan memberi informasi terkait suatu layanan maupun produk yang sesuai dengan kebutuhan manusia sebagai konsumen. Inovasi bisnis dalam pemasaran akan mendorong perkembangan suatu bisnis dan memperluas pasar.

  1. Pengelolaan konsumen 

Inovasi yang dapat dilakukan pada pengelolaan konsumen yakni melalui CRM atau Customer Relationship Management atau yang biasa disebut dengan manajemen hubungan pelanggan. Manajemen hubungan pelanggan ini merupakan suatau sistem informasi yang telah terintegrasi serta dapat digunakan untuk menjadwalkanm merencakan serta mengendalikan berbagai aktivitas penjualan dalam organisasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline