Lihat ke Halaman Asli

Ketika Hadiah Kecil Memikat Hati Pelanggan

Diperbarui: 9 September 2015   16:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KETIKA HADIAH KECIL MEMIKAT HATI PELANGGAN

 

[caption caption="Yamaha Motor Indonesia"]

oleh: Abhotneo

Pematangsiantar (09/09/2015)
Walau Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada tanggal 4 September yang lalu, Pabrikan Yamaha melalui salah satu Dealernya di Kota Pematangsiantar, masih saja tetap memberikan rangsangan bagi pelanggannya bertepatan diperingatinya Hari Pelanggan Nasional.
Disela-sela proses tunggu ketika melakukan service rutin sepeda motor kesayanganku ‘Vixion’ di pusat service Yamaha, sementara aku sedang asyik bergadget-ria, seorang wanita yang adalah seorang customer service Dealer Yamaha tersebut datang menghampiriku untuk meminta waktu sedikit guna memberikan sebuah hadiah kecil berupa tas kecil ditambah dengan beberapa brosur dari produk mereka seraya berkata; “Selamat Hari Pelanggan bapak!” Selamat Hari Pelanggan juga walau sudah lewat!”, ungkapku seketika. Dan dalam beberapa saat hadiah kecil mendarat di tanganku sebagai salah satu dari pelanggan mereka sembari seorang rekan kerjanya yang lain asyik mengambil photo sebagai dokumentasi mereka dalam proses bagi-bagi hadiah ke pelanggan.

Hadiah kecil ketika diberikan dengan sikap yang ramah dari pihak penjual, maka akan menjadi kesenangan bagi pihak pelanggan. Proses demikian akan menjadi ingatan kuat di benak pelanggan bahwasanya ia akan mengingat dan mengakui bahwa layanan dari pihak penjual adalah layanan terbaik sehingga rasa puas itu dirasakan. Dan dampak dari proses seperti ini akan mengakibatkan kepercayaan publik (public trust) di mata pelanggan.
Di sisi yang lain, saya pun pernah dan sedang menjadi seorang penjual. Hadiah-hadiah kecil seperti demikian pun pernah dan sudah menjadi hal yang harus terpikirkan untuk diberikan kepada pelanggan-pelanggan setia saya. Sekali lagi bukan dari nilai barangnya besar atau kecil, melainkan nilai kecil ketika diberikan dengan sentuhan yang menawan pasti akan berdampak besar bagi pelanggan.
Mengakhiri catatan sederhana ini, saya pun mengucapkan terima kasih kepada Yamaha dan sekali lagi Selamat Hari Pelanggan! Semoga hubungan kerjasama tetap terjalin dengan baik.

Abhotneo
Penulis adalah Pelanggan dan Pengguna Yamaha Motor
Tinggal di Kota Pematangsiantar




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline