Lihat ke Halaman Asli

Temulawak: Asli Indonesia dan Penuh Khasiat

Diperbarui: 18 Juni 2015   02:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14092992651978540845

-Gambar : dokpri -

Saat ini semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan kata temulawak. Semenjak Jokowi diperkenalkan sebagai calon Gubernur DKI hingga menjelang Pilpres 2014 gaya hidup dan kesehariannya banyak diulas media dan dunia sosmed, kebiasaannya mengkonsumsi jamu temu lawak menjadi pengetahuan umum nasional bahkan internasional. Baik masyarakat perkotaan dan generasi muda yang tidak pernah kenal jamu maupun orang luar Jawa, pendukung maupun bukan pendukung Jokowi semua ikut mengenal temulawak. Ya, menjadi kebiasaan Jokowi sejak sebelum menjadi Walikota Solo untuk minum jamu temulawak setiap hari. Bisa dipastikan temulawak adalah salah satu faktor pendukung yang mengantarkan kesuksesan hidup Jokowi menjadi pengusaha meubel, Walikota, Gubernur hingga menjadi Presiden.

Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza) adalah tanaman obat dari jenis temu-temuan (zingiberaceae) yang berasal dari Indonesia, khususnya pulau Jawa yang kemudian menyebar ke berbagai wilayah di kawasan Asia, Eropa sampai Amerika. Bagian temulawak yang lazim dimanfaatkan sebagai bahan jamu adalah rimpang/umbinya. Rimpang ini mengandung zat tepung, kurkumin dan minyak atsiri yang dipercaya dapat meningkatkan kinerja ginjal, memperlancar produksi empedu (koleritik), menurunkan kadar kolesterol, menghilangkan nyeri, menurunkan panas badan, memperlancar pengeluaran empedu ke usus (kolagogum), menambah nafsu makan, anti radang/inflamasi, sembelit, tonikum, peluruh air seni dan anti bakteri/mikroba. Manfaat lain dari rimpang tanaman ini adalah sebagai obat jerawat, anemia, antioksidan, mengatasi hepatitis, sakit kuning, perut kembung, wasir, dan pencegah kanker. Khasiatnya banyak sekali, bukan ? Hal ini wajar mengingat kandungan senyawa aktif dalam temulawak cukup kompleks dan bahkan dinilai lebih lengkap dibandingkan gingseng.

Temulawak dipergunakan sebagai bahan obat dan dapat juga sebagai minuman kesehatan yang aman diminum setiap hari karena merupakan produk herbal alami. Tidak seperti makanan supplement dan multivitamin yang berisi zat-zat sintesis produk dari industri kimia farmasi. Temulawak yang disajikan berupa minuman mudah diperoleh di warung-warung dan toko-toko. Sedangkan yang berupa ekstrak juga banyak diproduksi oleh industri rumah tangga dalam bentuk serbuk temulawak instant yang mudah diperoleh di toko umum dan toko obat maupun di apotik. Ada pula ekstrak temulawak yang dikemas dalam kapsul produksi industri lokal dengan peralatan modern dan mendapat sertifikasi Balai POM. Banyak pilihan, bila sangsi dengan kemurnian atau kehigienisan kemasan minuman tradisional, kita bisa mengkonsumsi ekstrak temulawak berbentuk kapsul yang dijual di toko obat dan apotik.

Bapak Presiden Jokowi telah memberikan teladan hidup sehat kepada kita dengan giat bekerja, membina keluarga yang harmonis, hidup sederhana, makan makanan biasa secara tidak berlebihan, cukup berolah raga, tidak merokok dan minum temulawak. Beliau adalah seorang pengusaha sukses dengan kekayaan puluhan milyar yang sebenarnya mampu untuk bergaya hidup mewah, beristri banyak ataupun pendamping non-istri, makan makanan mewah yang aneh-aneh dari seluruh dunia, maupun mengkonsumsi supplement kesehatan yang mahal-mahal produk eksklusif dari luar negeri. Tapi pilihannya dalam minuman supplemen jatuh pada minum jamu temulawak sebagai wujud kecintaan kepada produk dalam negeri dan melestarikan warisan leluhur, sekaligus dukungan kepada industri dalam negeri.

Jangan tunda lagi ! Buktikan kecintaan Anda kepada Presiden Jokowi dan dukungan Anda kepada produk dalam negeri dengan mulai mengkonsumsi temulawak. Tidak perlu repot mempersiapkan sendiri. Berbagai bentuk produk temulawak banyak tersedia dan mudah diperoleh di warung dan toko sekitar tempat tinggal Anda, produksi industri rumah tangga yang sudah terdaftar maupun industri kecil terstandard BPOM dan ada di stiap propinsi.

Saya sudah. Berhenti merokok dan minum temulawak instant pagi dan sore.

Kini giliran Anda ! ! !




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline