Lihat ke Halaman Asli

AbieLabieba

Belajar sebagai cara hidup

Terima kasihku untuk surat dan apresiasi kalian di hari profesiku

Diperbarui: 26 November 2023   15:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS


Saya ingin memperlihatkan rasa terima kasih dan penghargaan yang sangat besar atas surat yang dikirim oleh siswa siswi saya saat Hari Guru Nasional (Sabtu, 25 November 2023) kemarin. Setiap kata yang mereka tulis, menyentuh benak dan hati saya sebagai seorang guru secara mendalam. Tak ada hal yang lebih memuaskan bagi saya selain melihat siswa-siswi saya berkembang dan memperlihatkan keberanian untuk meraih impian-impian mereka.

Saya merasa sangat bersyukur dapat menjadi guru dari siswa-siswi yang memiliki bakat dan kemampuan yang luar biasa, dan merasa terhormat atas kepercayaan yang telah mereka berikan kepada saya. Ketika seorang siswa siswi mempercayai gurunya, hal itu sama halnya dengan dia mempercayai bakat yang dirinya miliki, itulah perpaduan sempurna antara dua kekuatan besar yang dengan kesatuan itu telah membentuk energi yang tak terkalahkan.
Siswa-siswi saya yang telah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan Jurnalistik, menjadi pencapaian yang sangat luar biasa bagi saya dalam hal membangun kreativitas dan pertumbuhan kapasitas maksimal mereka. Siswa siswi saya telah menunjukkan kemajuan yang amat sangat memukau, dengan keberanian yang tidak tergoyahkan dalam meraih hasil yang maksimal. Dan ini semuanya berkat dukungan yang telah diberikan oleh mereka sendiri dengan cara bersama-sama secara kolektif dan inklusif.
Sebagai seorang guru, tugas utama saya adalah membimbing dan mendorong siswa-siswi saya untuk memperlihatkan kemampuan dan potensi yang sebenarnya mereka miliki. Dan saya merasa sangat bangga melihat bagaimana para siswa siswi yang tadinya tidak percaya diri, dengan keberanian dan ketekunan, mampu memperlihatkan bakat yang brilian di karya ilmiah, dan jurnalistik. Dan ini semuanya tidak akan pernah terjadi tanpa adanya semangat untuk selalu terus berupaya maksimal dalam meraih yang terbaik tanpa mengeluh apalagi pesimis.
Karena bagaimanapun juga, keberhasilan dalam usaha apapun, tergantung dari semangat emosional kita dalam meraihnya. Dan hal tersebut pernah diungkapkan oleh Oliver Goldsmith, bahwa "success comes to those who earn it". Dan kunci dari kesuksesan adalah upaya dan kerja keras yang terus menerus diiringi dengan semangat pantang menyerah. Di sinilah peran guru sangat penting, yaitu dengan cara menjalin ikatan emosional yang lebih kuat dengan para siswa siswi, menginspirasi mereka, dan tam berhenti untuk selalu saling memotivasi.
Dalam dunia pendidikan, saya berusaha agar siswa-siswi saya selalu dilatih untuk menemukan keberanian dalam diri mereka sendiri, karena tiap-tiap siswa pasti memiliki kelebihan dan keistimewaan. Saya yakin bahwasanya dengan melakukan ini, mereka dapat meraih apa yang diinginkan dan membuktikan bahwa bakat yang mereka miliki, dapat memberikan perubahan ke dalam dunia ini.
Akhir kata, saya ingin memperlihatkan kepada siswa-siswi saya bahwa rasa terima kasih dan penghargaan ini, merupakan komponen yang dipupuk mulai dari diri saya. Karena jika kita tidak mampu berterima kasih dan bersyukur atas apapun, maka kesempatan yang kita dapatkan juga akan semakin sedikit ke kolega kita. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama merentangkan sayap kita dan memberikan semangat yang lebih dengan seluas dan sedalam-dalamnya untuk memberikan pengaruh positif bagi orang banyak. Saya yakin dengan bakat dan kemampuan yang Anda miliki, kita semua mampu meraih keberhasilan yang selalu didambakan.
Terima kasih anak-anakku yang sekaligus menjadi teman-temanku, karena kalian telah menjadi inspirasi bagiku.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline