Lihat ke Halaman Asli

abd waris

Mahasiswa UIN SUNAN KALIJAGA

Gunung Andong: Pesona Alam yang Memikat di Jawa Tengah

Diperbarui: 25 Mei 2023   22:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar: Dokumen Pribadi

Mendaki gunung tampaknya semakin populer sebagai kegiatan rekreasi di indonesia, banyak kalangan anak muda yang mencoba dan akhirnya menggemari aktivitas ini, Tren ini tak lepas dari banyaknya pilihan lokasi hiking yang ada, salah satu yang populer adalah Gunung Andong.

Gunung Andong merupakan salah satu destinasi pendakian yang menakjubkan yang terletak di antara Desa Ngablak dan Tlogorjo, Grabag, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Gunung Andong sangat cocok pada orang yang baru memulai muncak atau bisa di sebut pemula karena Gunung Andong sendiri memiliki ketinggian 1.726 mdpl.

Gambar : Dokumen Pribadi

Asal Nama Gunung Andong

Nama Gunung Andong sudah terdengar tidak asing lagi di telinga banyak orang, Dilansir dari laman bob.kemenparekraf.go.id, ternyata ada beberapa alasan pemberian nama untuk gunung di kabupaten magelang, seperti salah satunya gunung andong ini.

Alasan pertama karena Gunung Andong berasal dari sebuah daun yang biasanya di sebut dengan kata "Andong". Daun Andong sendiri mempunyai arti "Andogoo" yang dalam Bahasa Indonesia adalah berdo'a kepada tuhan

Alasan berikutnya adalah bentuk gunung ini terutama bagian punggungnya yang menyerupai punggung sapi sehingga pendaki kerap menyebutnya "Andong".

Pengunjung YN mengatakan," Andong meskipun bisa di katakan gunung yang paling rendah, tetapi tentang keindahan alamnya, jangan di tayakan lagi. Dan sangat cocok bagi pemula.

Tiket masuk 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline