Lihat ke Halaman Asli

Ziarah Politik Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar

Diperbarui: 10 September 2023   02:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bacapres Anies Baswedan (tengah) dan Bacawapres Muhaimin Iskandar (kanan) berjalan menuju Makam Sunan Ampel di Surabaya/Foto: Moch Asim/Antara)  

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sudah resmin dikawinkan sebagai pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden pada gelaran Pemilu 2024.

Kedua pasangan tersbut sudah meulai melakukan sosialisasi baik secara formal berdua atau sendiri-sendiri. Seperti kehadiran Anies dalam kegiatan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Saat ini pasangan santri itu melakukan kegiatan ziarah Wali Songo bersama melakukan amaliah ziarah yang biasa dilakukan oleh warga nahdliyin sebagai pengamal Aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah. 

Kegiatan ziarah tersebut terlihat biasa jika dilakukan Muhaimin Iskandar dengan PKB nya. Karena PKB notabeni berbasis warga nahdliyin.

Namun, hal itu terasa istimewa karena dilakukan setelah keduanya resmi deklarasi pasangan capres-cawapres, sehingga ziarah itu terlihat nuansa politisnya. Apakah itu keliru, tentu tidak. 

Uniknya, saat di Makam Sunan Ampel rombongan ziarah Anies-Cak imin berbaur dengan peziarah lainnya. Hal itu, mendapatkan perhatian simpatik dari pengunjung wisata religi lainnya.

Kegiatan ziarah ini merupakan kegiatan cerdik yang dilakukan oleh pasangan Anies dan Cak Imin. Karena semua tempat ziarah Wali Songo adalah tempat berkumpulnya umat islam munajat dan berdoa kepada Allah. 

Anies-Cak imin mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Melakukan ibadah ziarah dengan berdoa dan dzikrullah. Pun juga menjadi perhatian masyarakat khususnya peziarah dan umumnya media yang mempublikasikannya secara luas.

Semoga Zairah yang dilakukan keduanya beserta rombongan didasari dengan ikhlas menjadikan ziarah sebagai media mendekatkan diri kepada Allah. Dengan begitu semua hajatnya di tolong, dengan sabab melaksanakan ibadah secara ikhlas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline