Lihat ke Halaman Asli

Abdussalam Sultoni

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Pemberian Ekstrak Daun Burahol pada Ayam Boiler

Diperbarui: 11 Januari 2024   17:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Abdussalam Sultoni

Program Study Peternakan

Universitas Muhammadiyah Malang

Peningkatan pengetahuan masyarakat akan pentingnya protein bagi tubuh menjadikan masyarakat mencari sumber protein untuk memenuhi kebutuhan mereka. Daging merupakan salah satu sumber protein yang banyak digemari masyarakat. Daging ayam memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia di dalam nya terdapat protein yang berfungsi menigkatkan perkembangan otak pada anak balita. Daging ayam juga mengandung banyak fosfor yang berguna bagi pertumbuhan tulang dan gigi serta berguna dalam perbaikan dan pengembangan otot bagi remaja.

Daging ayam boiler adalah yang memang di masudkan khususus untuk menjadi ayam konsumsi atau pedaging kaena pertumbuhan dari ayam boiler ini ter golong sangat cepat yakni berkisar 6 sampai 7 minngu saja ,danpada usia itu ayam boiler bisa mencapai berat 1,5-2 kilo gram per ekor .Kekurangan dari ayam ini adalah darisegi telur, ayam boiler memiliki kualitas telur yang kurang bagus dibandingkan ayam ras petelur namun ayam boiler memiliki keunggulan yakni dari segi daging dan pertumbuhan yng tergolong cepat dibanding ayam ras lain itulah yang menyebabkan para peternak ayam lebih senang menjual ayam jenis boiler dalam bentuk daging dan menjadi ayam pedaging yang paling di gemari oleh masyarakat khusus nya di indonesia.

Upaya petenak ayam meningkatkan produksi ayam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap protein pada daging ayam melakukan penambahan imbuhan pakan. Imbuhan pakan ditambahkan dalam pakan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pakan sehingga pertumbuhan dan produktivitas ayam dapat ditingkatkan. Jenis-jenis imbuhan pakan yang banyak digunakan peternak yaitu antibiotik sintetik, enzim, probiotik, asam organik, flavor dan antioksidan. Antibiotik umumnya digunakan peternak sebagai imbuhan pakan untuk memacu pertumbuhan ternak dan meningkatkan efisiensi pakan sehingga dapat meningkatkan produksi ayam. Penggunaan antibiotik sebagai imbuhan pakan diketahui memiliki dampak negatif yaitu menyebabkan resistensi antibiotik pada tubuh ayam dan meninggalkan residu antibiotik pada daging ayam. Dampak dari pemberian antibiotik pada ayam akan membahayakan konsumen daging ayam, dikarnakan jika daging ayam sudah terkontaminasi oleh antibiotik maka daging tersebut akan meningalkan residu pada karkas ayam yang dapat menimbulkan masalah resistensi pada konsumen karena jumlah substerapetik yang diterima terus-menerus dan pengunaaan antiboitik ini tidak boleh digunakan secara sembaranagan harus dengan resep dokter.

Burahol merupakan salah satu tanaman buah yang berasal dari famili Anonacea yang dapat di gunakan dalam pembuatan obat herbal atau pun kosmetik . Bagian dari tanaman burahol yang dapat di pakai sebagai campuran obat adalah daun,kulit, batang hingga buah nya didalam tanaman burahol terdapat zat ynag bernama Flavonoid merupakan zat aktif yang berada di daun burahol .Flavonoid memiliki aktivitas biologis sebagai antibiotik, antibiotik biasanya di gunakan dalam pengobatan luka akibat inveksi bakteri aka tetapi dalam industri peternakan antibiotik biasanya digunakan sebagai campuran untuk pakan guna nya untuk memacu pertumbuhan (growth promotor) atau dalam katalain antibiotik dengan dosis kecil yang digunakan sebagai suplemen dalam pakan ternak, fungsi dari growht promotor ini sendiri adalah sebagai antibodi yang dapat melindungi ayam dari serangan firus ataupun infeksi yang di sebabkan oleh bakteri .Antibodi ini bekerja dengan cara menekan stres,memproduksi amonia atau lebih dikenal dengan zat yang menimbulkan bau pada feses hewan ternak, mengurangi infeksi ,mengurangi racun,dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi dari pakan ke diding usus.

Zat-zat aktif dari bahan alami berpotensi sebagai zat adiktive untuk meningkatkan imunitas dan memeperbaiki provil darah. Pemberian estrak daun burahol yang mengandung zat flavonoid diharapkan dapat memperbaiki efisiansi pengunaan resum sehingga dapat menghasilkan nilai konversi yang rendah dan meningkatkan produktifitas ternak tanpa menimbulkan kelainan atau cacat pada ayam boiler resum atau pakan yang diberikan pada ayam akan mempengaruhi kerja organ pencernaan pada ayam tersebut, jika terdapat kelainan pada organ pancernaan ayam ditandai dengan adanya perubahan organ dalam secara fisisik seperti perubahan ukuran serta kadar amonia yang semakin rendah .estrak daun burahol yang dicampurkan kedalam resum dipellet atau dihaluskan terlebih dahulu kemudian diberikan pada ternak sebelum itu kita perlu membuat terlebih dahulu resum dengan campuran daun borahol ini dengan cara menyiapkan daun burahol, kemudian di potong agar lebih memudahkan proses ekstraksi atau pencampuran. Ekstakasi dilakukan dengan metode maserasi selama 48 jam menggunakan pelarut yang sesuai tanpa ada pemanasan contoh pelarut yang cocok untuk proses ini adalah alkohol, alkohol merupakan pelarut universal yang baik untuk mengekstraksi semua golongan senyawa metabolit sekunder yang merupakan golongan senyawa yang terkandung dalamtubuh mikro organisme flora dan fauna yang terbentuk melalui proses metabolisme sekunder yang disitesis dari banyak senyawa metabolisme primer, seperti asam amino, asetil koenzim, asam mevaloat, dan senyawa antara dari jalur shikimate. Hasil dari fermentasi kemudian disaring dengan corong daring dan ditampung filtratnya lalu dipekatkan dengan alat rotary evaporator pada suhu 40 derajat rotari evaporator adalah alat yang berfungsi mengubah sebagian atau  keseluruhan sebuah zat pelarut dari cair menjadi uap dan akan ditemukan estrak kental daun burahol.

Pemberian pakan menggunakan campuran dari estrak daun burahol yang dicampurkan dengan pelet atau pakan  pada ayam boiler sangat bermanfaat khusus nya dalam pertumbuhan bobot dari ayam serta meningkat nya imunitas dari ayam kerena didalam daun burahol terdapat zat aktif ynag bernama flavonoit yang memiliki fungsi penting dalam menjaga ayam dari serangan penyakit dan hama yang menyerang ayam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline