Lihat ke Halaman Asli

Abdurrofi

Penyuka Kopi dan Investasi

UAS Sebagai Penerus KH Maruf Amin Wujudkan Ekonomi Syariah di Indonesia

Diperbarui: 15 Januari 2021   17:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Umat Islam dan tantangan ekonomi syariah oleh UAS. Sumber gambar: islam.nu.or.id/ diolah pribadi.

Ustadz Abdul Somad (UAS) sebagai penerus KH Maruf Amin wujudkan ekonomi syariah di Indonesia sedangkan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menerima penghargaan gelar kehormatan sebagai Bapak Ekonomi Syariah Indonesia dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, di Kota Pekanbaru tempat bekerja UAS sebagai dosen  PNS.

Integrasi kesatuan tidak terpisahkan Indonesia dan ekonomi Syariah untuk mengelola sumber daya (alam, manusia, modal, dan waktu) yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

Landasan konseptual perencanaan dan perancangan Indonesia menjadi negara Super Power dengan pendekatan perekonomian syariah sebagai negara kekuatan besar oleh akademisi Indonesia karena "dominasi politik dan ekonomi mereka di arena global". China, Prancis, Rusia, Inggris Raya, dan Amerika Serikat sering disebut mitra dalam penerapan ekonomi syariah di percaturan dunia.

Bagaimana Kedudukan Ekonomi Syariah di Islam?

Dokumen persentasi: Prof. Abdul Somad Batubara, Lc. Phd

Seolah-olah Islam tampil hanya solat, puasa dan ritual keagamaan padahal Al-Quran menjelaskan ayat ekonomi untuk mencegah penyakit ekonomi. Karakter ekonomi yang bertumpu pada islam  dalam ekonomi syariah menonjolkan kepentingan warga negara Indonesia senantiasa menjadikan kegiatan ekonomi sesuai dengan nilai-nilai ilahiah.

Perspektif ekonomi syariah menurut Prof. Abdul Somad Batubara, Lc. Phd mendorong inklusi keuangan sehingga keadaan masyarakat Indonesia bisa mengakses & menggunakan produk layanan jasa keuangan syariah untuk mendorong proses pemulihan ekonomi nasional.

Ekonomi syariah mengalami perkembangan pesat dalam tahun 2021. Faktor utama yang mempengaruhi adalah peningkatan jumlah penduduk muslim yang akan mencapai 27,5% dari penduduk dunia pada tahun 2030.

Ekonomi Indonesia dan keuangan syariah menjadi salah satu kunci untuk berpromosi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Kejelasan ini Proses dan segmentasi memungkinkan ekosistem memberikan keuntungan yang maksimal.

Peningkatan Permintaan Produk dan Jasa Halal di Dunia

Peningkatan permintaan produk dan jasa halal di dunia sejak 1 Januari 2021. Dokumen persentasi: Prof. Abdul Somad Batubara, Lc. Phd

Beberapa negara mengalami kontraksi yang sangat dalam namun keadaan ekonomi Indonesia tersebut masih lebih bagus di tingkat regional maupun dunia. karena menggunakan sistem perekonomian syariah dengan target pemerintah Indonesia untuk pemulihan ekonomi nasional awal tahun 2021.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline