Lihat ke Halaman Asli

Abdurrofi Abdullah Azzam

Intelektual Muda, Cendikiawan Pandai, dan Berbudaya Asia Afrika

Penguatan Banser dan Pemuda Pancasila Melawan Kelompok Politik Radikal

Diperbarui: 27 Januari 2022   09:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gibran Masuk Banser dan Jokowi Masuk Pemuda Pancasila. (Sumber Gambar : IG @/gibran_rakabuming dan Biro Setpres)

Penguatan organisasi masyarakat Pemuda Pancasila dan Banser harus terjadi di Indonesia karena gerakan politik ingin mempertahankan ideologi negara masuk ke sendi-sendi kehidupan masyarakat.

Beberapa organisasi masyarakat sejenisnya menempuh prosedur hukum dengan melalui mekanisme peradilan terkait organisasi masyarakat tersebut mempertahankan ideologi negara Indonesia.

Sebenarnya bukan hal mengejutkan pengaruh organisasi keduanya memang memiliki relasi yang bisa dilacak hingga nyaris dua organisasi masyarakat dalam dekade.

Dan hal itu tidak disembunyikan oleh keduanya antara hubungan Pemuda Pancasila dan Banser adalah dekat seperti hubungan Jokowi dan Gibran.

Dengan begitu sinergitas antara Pemuda Pancasila dan Banser karena merupakan sayap politik dari para petinggi PDI-Perjuangan yang masih aktif organisasi masyarakat baik oleh Gibran dan Jokowi.

Jika Front Pembela Islam dan Hizbut Tahrir Indonesia memainkan isu pemerintahan pro-khilafah sedangkan Pemuda Pancasila dan Banser memainkan isu pemerintahan anti-khilafah di Indonesia.

Sebelum isu khilafah dan anti-khilafah, Inggris dan Amerika Serikat sama-sama negara mayoritas kristen misalnya, tetapi lihatlah, bentuk pemerintahan di Inggris berbeda dengan bentuk negara Amerika Serikat.

Inggris adalah negara mayoritas kristen dengan bentuk pemerintahan  Monarki sedangkan Amerika Serikat adalah negara mayoritas kristen bentuk pemerintahan Republik.

Demikian pula dengan pengalaman Arab Saudi adalah negara mayoritas Islam dengan bentuk pemerintahan Monarki sedangkan Indonesia adalah negara mayoritas Islam dengan bentuk pemerintahan Republik .

Negara-negara di dunia Kristen dan Islam pun memiliki bentuk-bentuk pemerintahan yang tidak seragam, ada yang mengambil bentuk pemerintahan Monarki dan bentuk pemerintahan Republik lalu bagaimana dengan bentuk pemerintahan khilafah lebih dekat bentuk pemerintahan Monarki atau bentuk pemerintahan Republik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline