Lihat ke Halaman Asli

Mendukung Walikota Sholat Inova

Diperbarui: 24 Juni 2015   01:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Social media rame - rame mengkritik program walikota bengkulu tentang hadiah mobil inova bagi siapa saja yang ikut program sholat berjamaah selama 40 hari. Sebagian besar pendapat mengungkapkan bahwasannya program ini dianggap melecehkan ajaran nabi muhammad dan menjual belikan agama. Dan ada juga yang menyebutkan sholat hubungannya dengan keikhlasan , jadi sangat nggak benar apabila ibadah dilakukan karena ada hadiahnya. Apa benar demikian?

Jujur aku pribadi mendukung program tersebut, tapi dengan satu syarat yaitu uang yang dipakai dalam menjalankan program itu bukan berasal dari uang rakyat. Sangat bagus apabila walikota berani mengeluarkan hartanya untuk jalan kebaikan, dan salah satunya lewat program ini. Memang benar ibadah itu harusnya dijalankan dengan rasa ikhlas, ikhlas berarti tak mengharap imbalan apapun kecuali ridho allah.  Tapi kalau niat program tersebut adalah sebuah metode pembelajaran ya nggak ada masalah seharusnya. Justru mesti kita dukung.

Manusia pasti punya latar belakang berbeda - beda, bagi orang yang sudah punya latar belakang religi yang kuat , ilmu agama dan pengetahuan yag kuat pasti tak akan terpengaruh dengan ajakan walikota ini. Mau sholat dapat mobil, atau sholat dapat hukuman ya bakalan nggak ngaruh lah. bagi mereka sholat ya sholat saja. Nggak ada urusan dengan itu semua.

Tapi apa semua orang islam seperti itu? Enggak  kan.  Ada yg beragama islam karena ikut-ikutan , ada yg asal ngsi di ktp dan ada - ada juga yg lain :D. Yang jelas masih banyak orang beragama islam tapi tak mengenal ilmu agama sendiri. Mungkin mereka cuma mengenal 3 jenis sholat. Sholat Jum'at , Sholat Id fitri / Adha. Nah program gubernur tersebut cocok bagi golongan ini. Diharapkan mereka akan tertarik , minimal tertarik dulu lah. Mau datang ke masjid saja sudah bersyukur banget kita, urusan ikhlas nggak ikhlas urusan nanti lah. Buat mereka mau datang dulu ke masjid. Buat mereka mengenal dulu apa itu memakmurkan masjid. Agama itu diajarkan bertahap - tahap, nggak bisa kalau seketika. Itulah alasan saya mendukung program walikota bengkulu. Walau seandainya saya jadi warga bengkulu juga nggak bakal tertarik dengan program tersebut.

Dan yang paling penting lagi , Ilmu ikhlas itu nggak datang begitu saja, Ada upaya untuk mendapatkan itu. Contohnya " Orang Ikhlas dalam menjalankan sholat malam , biasanya karena pada awalnya mereka memaksakan untuk bangun malam. Dar terpaksa lalu terbiasa. Dan dari keterbiasaan itu jadi lupa segala - galanya.  Nhah jadi ada sebuah upaya disini bukan datang begitu saja." itulah salah satu cara untuk mendapatkan ikhlas :) Kalau kata gue sih. nggak ngerti kalau kata loe .....




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline