Lihat ke Halaman Asli

Abdul Salam

Mahasiswa

Ekologi

Diperbarui: 23 Mei 2024   12:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.ayoksinau.com

Oleh: Abdul salam

(Mahasiswa Program Studi pendidikan Biologi UIN RADEN FATAH PALEMBANG)

Pengertian Ekologi

Secara sederhana, ilmu ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari ekosistem. Kata ekologi berasal dari kata Oikos yang berarti rumah atau tempat tinggal dan Logos berarti ilmu. Ekologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari seluk beluk ekonomi alam, suatu kajian mengenai hubunganan organik serta lingkungan organik di sekitarnya yang kemudian pengertian inidiperluas, menjadi kajian mengenai hubungan timbal balik antara makhluk hidupdengan lingkungannya. Ekologi sering disebut sebagai ilmu dasar lingkungan.Berdasarkan pengertian di atas, sebenarnya ekologi meliputi studi tentang populasi tanaman dan binatang, tanaman dan komunitas hewan dan ekosistem.Ekosistem menggambarkan jaringan hubungan antara organism pada skalayang berbeda organisasi. Pemenuhan kebutuhan manusia dapat terpenuhi karenaadanya pemanfaatan lingkungan yang berbentuk pengelolaan lingkungan hidup.

Istilah ekologi pertama kali diperkenalkan oleh Ernnst Haeckel, seorangahli biologi bangsa Jerman, pada tahun 1869. Ekologi berasal dari bahasa YunaniOikos yang berarti rumah atau tempat tinggal dan logos yang berarti ilmu/telaah.Oleh karena itu, ekologi berarti ilmu tentang rumah (tempat tinggal) mahlukhidup.Secara lebih spesifik Haeckel mendefinisikan ekologi sebagai ilmu tentanghubungan timbale balik antara makhluk hidup dengan lingkungan biotik danabiotiknya. Sekitar tahun 1900, ekologi diakui sebagai ilmu dan berkembang terusdengan cepat, apalagi saat dunia sangat peka dengan masalah lingkungan dalammengadakan dan memelihara mutu peradaban dunia. 

DiNamuka Populasi

Karena terganggu oleh kondisi-kondisi lingkungan yang berubah secara berkala semua populasi akan dan sudah menunjukkan fluktuasi ukuran. Banyak populasi yang mengalami siklus naik turun dengan drastis dipengaruhi olehinteraksi kompleks antara faktor-faktor biotik dan abiotik. Sebuah metapopulasiadalah sekelompok populasi yang ditautkan oleh imigrasi dan emigrasi, contohnyaimigrasi dan emigrasi menautkan populasi bajing tanah belding dengan populasi- populasi lain dari spesies tersebut yang semuanya membentuk metapopulasi(Reece: 368).Seperti halnya suatu individu, suatu populasi pun mempunyai ciri-ciri biologi, antara lain: Mempunyai struktur dan organisasi tertentu, yang sifatnya adayang konstan dan ada pula yang berfluktuasi dengan berjalannya waktu.Ontogenetik, mempunyai sejarah kehidupan (lahir, tumbuh, berdiferensiasi,menjadi tua, dan mati).

Interaksi Anatra Ekologi Populasi

Beberapa hubungan dalam kehidupan suatu organism adalah interaksinyadengan individu-individu dari berbagai spesies lain dalam komunitas. Interaksiantar spesies mencangkup kompetisi, predasi, hebivori, dan simbiosis (termasuk paratisme, mutualisme, dan komensalisme

Kompetisi: Apabila populasi menempati habitat yang sama. Bila dalamkompetisi tersebut ada salah satu yang kalah maka yang kalah akan matiatau menyingkir dari area tempat tinggalnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline