Lihat ke Halaman Asli

Abdul Rouf

Activist • Enterpreneur Social • Teacher • Muhammadiyah Student Assosiaction •

Muda Islam dan Muda Hindu Subang Banyak Ucapan Selamat dalam Menjalankan Ibadah: Begini Kejadian Uniknya

Diperbarui: 12 Maret 2024   14:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 sumber gambar : Pexels.com/

Tulisan kali ini saya ingin membagikan moment sederhana tapi penting untuk banyak orang tau dan dijadikan sebagai pelajaran hidup, dalam kejadian itu saya membaca dan merasa bahagia bahkan dibuatnya tidak bisa memberikan kata-kata yang lain karena sudah terwakili oleh teman-teman yang lebih dulu memberikan ucapan. dengan begitu disinalah komitmen saya dalam sikap moderasi beragama untuk menghargai perbedaan dan memberikan kebebasan dalam keyakinan seseorang dengan mengabadikan kejadian yang mulia ini dalam tulisan ini.

Bulan Suci Ramadhan tahun ini 2024, ada cerita menarik dalam perbedaan penetapan awal 1 Ramadhan tahun 1445 H, dalam Maklumat Putusan PP Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan tahun 1445 H, jatuh dengan bertepatan pada tanggal 11 maret 2024 sedangkan Pemerintah setelahnya tanggal 12 maret 2024.  

Termasuk pada tanggal 11 Maret 2024 itu sahabat saya  dari Agama Hindu sedang melaksanakan Hari raya Nyepi, kejadian unik dan tersenyum tipis-tipis bagi saya ketika membaca group Forum Pemuda Lintas Agama Kabupaten Subang (FORMULA) saling memberikan ucapan selamat menjalankan hari raya Nyepi dan Ibadah Puasa saling balas balasan. 

Sekedar informasi bahwa saya diberikan kepercayaan oleh teman teman FORMULA sebagai Wakil Ketua umum sehingga tau dari mana saja yang mewakili Agama terkhusus untuk kaum Muda nya. sedangkan untuk para Ayahanda dan Ibunda yang mewakili Seluruh Agama-agama ada di FKUB (Forum Komunikasi antar Umat BerAgama).

misalnya temen saya yang dari Budha mengucapkan "Tanpa kata-kata, tanpa bara api, tanpa pekerjaan, dan tanpa pesta, semuanya tetap hening dalam satu hari untuk memulai awal yang baru, selamat hari raya Nyepi 2024 untuk semua keluarga Hindu tercinta sambil memberikan emoji senyum dengan kedipan mata satu" 

setelah itu langsung diberikan balasan oleh guru kami dari Kemenag "SE .Bupati Ramadhan 2024 yang berupa file pdf, yang isinya mengenai dengan surat edaran dalam pelaksanaan bulan suci ramadhan tahun 2024. langsung aje ke intinya kayaknya ini mah hehe..

dilanjut lagi balasan temen saya yang dari Budha dengan melemparkan foto player gambar dengan ciri khas perayaan Nyepi dengan foto gambar seorang perempuan sedang Ibadah dengan captionnya "Happy Silence Day, may all beings be blessed with happines". cari aja artinya sendiri ye hehe...

tidak lama kemudian teman saya yang dari Hindu membalasnya "trimakasi banyak semuanya semoga dibulan yang suci ini menyambut bulan suci ramadhan kita diberikan kesehatan selalu"

dibalas oleh temanku yang dari Budha dengan "Selamat menjalankan ibadah puasa saudaraku, temanku, sahabatku, mohon maaf lahir dan bathin atas segala kesalahan dan kekhilafan (lisan dan perbuatan)" tulisnya dengan dengan caption tangan memohon.

setelah beberapa menit kemudian teman saya yang dari Badan Kerjasama Gereja-gereja tak mau kalah hehe dengan kreatifitasnya dan sangat niat dengan tulus dibuatkan pamflet khusus untuk memberikan ucapan selamat hari raya Nyepi saka 1946 yang sangat menarik untuk dilihat dan indah saat dibaca.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline