Lihat ke Halaman Asli

Demonstrasi Pengendalian Penyakit Layu Visarium dan Layu Bakteri dengan Menggunakan Agen Hayati

Diperbarui: 11 November 2022   06:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Tempursari 10 November 2022 merupakan hari ke 25 dalam melaksanakan kegiatan KKN, pada hari ini kami pergi ke kantor BPP yang berada di kecamatan Tempursari. Kami bertemu langsung dengan Pak Mukhamad Ali Maksum sebagai petugas pengendali hama penyakit pada pisang.

Pak Ali mengatakan bahwa pandangan masyarakat tentang virus itu selama ini salah, karena virus yang terjadi pada pisang ini sebenarnya disebabkan oleh layu bakteri, layu Fusarium dan jamur. 

Dalam mencegah hal ini beliau memberi saran untuk menggunakan agen hayati tripoderma yang termasuk kategori jamur yang antagonis.Beliau juga mengatakan bahwa ada Program Klinik PHT diantaranya yaitu, menyediakan obat-obatan Hayati (Organik), Menerima konsultasi bagi para petani pisang, menyediakan pestisida hayati dan Nabati.

Selain itu Pak Ali mengatakan bahwa kelompok tani pisang yang berada didesa pundung sari bersama BPP difasilitasi untuk membuat agen hayati. Agen hayati ini sudah diuji oleh laboratorium sehingga dapat dikatan bahwa tidak bahaya dan baik untuk dipakai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline