Lihat ke Halaman Asli

Abdul Rais

RELAWAN LINGKUNGAN

Sentuhan Konservasi Sumber Mata Air Umbulan

Diperbarui: 19 Desember 2017   07:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri


Lokasi Wisata di  Malang seolah tak habis dengan berbagai wisata alamnya yang menarik dan penuh dengan cerita mistis, termasuk sumber mata air. Sumber mata air Umbulan  yang terletak di desa Lang -- lang Kecamatan singosari Kabupaten Malang memang memiliki potensi Budaya pemandangan dan suasana yang sangat nyaman. 

Sekeliling kolam sumber mata air dipenuhi dengan pepohonan besar dan rindang, dimana pada beberapa pohon ini memiliki punden yang biasa digunakan masyarakat untuk melakukan meditasi. Melirik pada pohon besar yang ada di sekitar pemandian Sumber Taman, konon pohon-pohon tersebut telah berusia puluhan tahun. Berdasarkan legenda yang diyakini, lokasi mata air sumber taman ini dahulunya merupakan sebuah taman yang indah dan biasa di gunakan sebagai lokasi kegiatan spiritual.

Pengunjung tidak dipungut biaya ketika ingin berkunjung di sumber mata air umbulan, jika dilihat dari mobilitas pengunjung setiap harinya yang begitu ramai. Dikhawatirkan terjadinya kerusakan terhadap kondisi lingkungan sumber mata air umbulan. Dimana hal ini dapat dilihat dari perilaku pengunjung di sumber mata air yang memiliki kesadaran terhadap lingkungan yang begitu rendah, dapat membuat kondisi ini semakin buruk. Dilihat dari perilaku pengunjung dalam membuang sampah sembarangan, kemudian perilaku pembuangan kulit shampo yang digunakan pengunjung yang dibuang langsung kedalam sumber mata air umbulan, sehingga dapat mengurangi estetika terhadap sumber mata air.

BARANGSIAPA MEMELIHARA KEHIDUPAN SEORANG MANUSIA, MAKA SEAKAN-AKAN DIA TELAH MEMELIHARA KEHIDUPAN SEMUA MANUSIA.......(QS. AL MAIDAH:32)

Pembagian tanaman dan tempat sampah (dokpri)

Tergerak dari kunjungan pertama kami khususnya mahasiswa jurusan Pengelolaan Sumberdaya Lingkungan dan Pembengunan (PSLP) Universitas Brawijaya mengadakan kunjungan Bakti Lingkungan terhadap Sumber Mata Air Umbulan dengan melakukan penanaman pohon, pemasangan banner dan  bersih sampah, kegiatan ini dilakukan untuk memproteksi sumber mata air agar tetap terjaga dengan baik  dan diharapkan sumber mata air ini dapat dinikmati anak cucu kita dikemudian hari.

Diharapkan kepada pengunjung atau wisatawan yang ingin berkunjung ke sumber mata air Umbulan untuk memperhatikan barang bawaan yang berpotensi menimbulkan sampah yang dapat mencemari sumber mata air Umbulan. Tentunya  hal ini tdak akan terjadi korelasi dengan baik jika para wisatawan atau pengunjung tidak berpartisipasi dalam menjaga lingkungan sumber mata air.

Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).[QS. Ar-Rum: Ayat 41]

Sumber Umbulan (dokpri)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline