Lihat ke Halaman Asli

Abdul Munib

Guru SMPN 3 Semanding

Laporan LK 3.1 Best Practice

Diperbarui: 3 Maret 2024   07:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 7 TAHUN AJARAN 2023-2024

A. PENDAHULUAN

Kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Project Based Learning (PJBL) atau Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menuntaskan hasil belajar peserta didik pada materi jaringan komputer dan internet. Penerapan model Project Based Learning (PJBL) bertujuan agar peserta didik mampu menjelaskan bagaimana menghubungkan perangkat komputer dengan internet dan menghubungkan komputer dengan komputer lainnya (jaringan lokal) dengan menggunakan aplikasi simulasi Cisco Packet Tracer. Model Project Based Learning (PJBL) diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang berkesan bagi peserta didik, sehingga materi yang dipelajari juga mudah dipahami dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

B. PEMBAHASAN (Kerangka STAR)

1. Situasi (S)

1.1. Latar Belakang

Berdasarkan hasil identifikasi masalah, ada beberapa kondisi atau permasalahan yang melatar belakangi dilaksanakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan pada kegiatan siklus 2 ini, diantaranya adalah:

  • Metode pengajaran yang digunakan tidak sesuai dengan gaya belajar peserta didik
  • Sumber daya pembelajaran dalam mengakses teknologi belum dioptimalkan

1.2. Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?

Alasan mengapa praktik ini untuk dibagikan kepada teman-teman guru yang lain adalah karena sintak-sintak pada model PJBL yang digunakan ini tidak hanya bermanfaat bagi pengembangan kemampuan guru dalam merancang perangkat pembelajaran, namun juga dapat melibatkan keaktifan peserta didik dalam kegiatan belajar. Dengan berbagi praktik PJBL, guru dapat membantu peserta didik memahami bagaimana teknologi ini bekerja dalam konteks nyata dan bagaimana mereka dapat berkontribusi di dalamnya. Dalam praktek pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning ini penulis menemukan kelebihan-kelebihan dalam metode PJBL, diantaranya sebagai berikut:

  • Dengan menerapkan model dan metode pembelajaran yang bervariasi dan pendekatan saintifik TPACK peserta didik lebih antusias dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran mulai dari pendahuluan, inti, simpulan dan sampai dengan refleksi serta penutup.
  • Media dan Alat/bahan pembelajaran lebih inovatif dan tidak monoton sehingga menarik perhatian peserta didik/tidak membosankan.
  • Proses pembelajaran lebih terstruktur.
  • Pembelajaran berpusat pada peserta didik.
  • Guru berperan sebagai fasilitator
  • Saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik lebih fokus, mudah diatur dan lebih aktif.
  • Pembelajaran lebih menarik.
  • Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan.

1.3. Apa yang menjadi peran dan tanggungjawab mahasiswa PPG Daljab dalam praktik ini?

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah:

  • Menyusun modul ajar dengan mempertimbangkan metode model PJBL, dan TPACK (google form, quizizz dan youtube) yang sesuai dengan permasalahan peserta didik
  • Mendiskusikan hasil modul ajar dengan dosen, guru pamong, dan rekan guru sejawat agar mendapatkan masukan dan saran mengenai modul ajar yang sudah dibuat
  • Merevisi modul ajar agar sesuai dengan tujuan
  • Melaksanakan praktik pembelajaran
  • Merefleksikan hasil praktik pembelajaran
  • Melakukan tindak lanjut sesuai dengan hasil yang sudah direfleksi.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline