- Faktor Biotik dan Abiotik dalam Ekosistem Sekolah:
- Faktor Biotik melibatkan unsur-unsur makhluk hidup di sekolah, seperti:
- Murid
- Guru
- Kepala Sekolah
- Staf/Tenaga Kependidikan
- Pengawas Sekolah
- Orang Tua
- Masyarakat sekitar sekolah
- Dinas terkait
- Komite sekolah
- Faktor Abiotik melibatkan unsur-unsur benda mati di sekolah, seperti:
- Sarana dan prasarana (termasuk gedung sekolah)
- Keuangan
- Faktor Biotik melibatkan unsur-unsur makhluk hidup di sekolah, seperti:
- Peran Kepala Sekolah dalam Mengelola Ekosistem Sekolah:
- Kepala sekolah harus memastikan:
- Kebutuhan guru terkait proses pembelajaran tersedia dan memadai.
- Sarana prasarana dan fasilitas lengkap.
- Peningkatan kompetensi guru menjadi perhatian serius.
- Kepala sekolah harus memastikan:
- Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Kepala Sekolah:
- Berakhlak mulia
- Integritas kepribadian sebagai pemimpin
- Kemampuan mengelola dan memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien
- Mengelola Sumber Daya Sekolah:
- Kepala sekolah harus memastikan sumber daya manusia, keuangan, sarana prasarana, dan infrastruktur terkelola dengan baik.
- Dampak Fasilitas Sekolah pada Pembelajaran Murid:
- Fasilitas yang memadai berdampak positif pada kualitas pembelajaran.
- Fasilitas yang kurang memadai dapat menghambat proses pembelajaran.
- Pemanfaatan Sumber Daya Sekolah:
- Evaluasi sejauh mana sumber daya digunakan secara efektif untuk mendukung pembelajaran.
- Fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran.
- Alternatif Maksimalkan Sumber Daya:
- Kolaborasi dengan masyarakat dan pihak terkait.
- Kreativitas dalam memanfaatkan sumber daya yang ada.
- Pemanfaatan Lingkungan Sekitar:
- Sekolah sebaiknya memanfaatkan lingkungan sekitar, misalnya melibatkan komunitas lokal atau memanfaatkan alam sekitar untuk pembelajaran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H