Eksplorasi Konsep Modul 3.1 - Tugas Mandiri
Pengambilan dan Pengujian Keputusan
Dalam studi kasus ini, saya memiliki murid bernama Nana, seorang murid yang cerdas dan selalu mendapatkan nilai bagus, tetapi jarang masuk sekolah. Saya akan terapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan:
- Nilai-nilai yang saling bertentangan:
- Tanggungjawab: Nana memiliki tanggungjawab untuk hadir di sekolah dan mengikuti proses pembelajaran.
- Kedisiplinan: Kedisiplinan mengharuskan Nana untuk mematuhi aturan dan rutinitas sekolah, termasuk kehadiran.
- Siapa yang terlibat:
- Nana: Murid yang jarang masuk sekolah.
- Guru: Bertanggung jawab untuk mengelola kehadiran dan pembelajaran siswa.
- Fakta-fakta relevan:
- Nana cerdas dan mendapatkan nilai bagus.
- Nana jarang masuk sekolah.
4. Pengujian benar atau salah
- Uji legal: Tidak ada pelanggaran hukum yang terlihat dalam situasi ini.
- Uji regulasi:Pelanggaran kode etik profesi guru: Guru mungkin harus menghormati hak dan kesejahteraan muridnya serta berkomunikasi dengan orang tua tentang ketidakhadiran Nana.
- Uji intuisi: Intuisi saya mengatakan ada yang salah dalam situasi ini karena ketidakhadiran Nana dapat memengaruhi pembelajaran dan interaksi sosialnya.
- Uji publikasi: Jika keputusan saya dipublikasikan, saya merasa nyaman karena saya hanya memberikan analisis berdasarkan fakta dan prinsip.
- Keputusan panutan/idola: Panutan/idola mungkin akan menekankan pentingnya kehadiran dan kedisiplinan dalam pendidikan.
5. Paradigma dilema etika: Paradigma yang terjadi adalah keadilan vs. kasihan.
6. Prinsip penyelesaian dilema: Prinsip tanggungjawab mungkin akan dipakai.