Lihat ke Halaman Asli

Mulai Dari Diri - Modul 2.3 Coaching untuk Suvervisi Akademik

Diperbarui: 21 November 2023   12:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mulai Dari Diri -- Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP mampu mengidentifikasi pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dirinya terkait pembinaan dalam konteks pendidikan 

Pertanyaan-pertanyaan reflektif mulai dari diri:

1. Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?

Saat diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah, perasaan yang timbul dalam diri saya adalah sedikit tegang namun tetap bersemangat. Tegang karena akan dilihat secara langsung oleh kepala sekolah keterampilan praktik mengajar dan kelengkapan administrasi penunjang pembelajaran.   Bersemangat karena observasi/suvervisi memberikan kesempatan untuk mendapatkan umpan balik konstruktif dan peluang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi diri

2. Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.

Ketika sesi observasi, Saya berupaya memberikan proses pembelajaran yang terbaik dalam setiap interaksi dengan murid. Saya fokus pada efektivitas pembelajaran dan kualitas interaksi untuk memastikan pengalaman pembelajaran yang bermakna.

Setelah selesai observasi, Saya mengamati umpan balik yang diberikan, serta merefleksi diri mencari setiap peluang untuk perbaikan, dan terus menghadirkan pembelajaran yang bermakna dalam praktik pembelajaran sehari-hari.

3. Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang menjadi seorang pendidik?

Menurut pandangan saya, proses supervisi akademik yang ideal dapat memberikan dukungan dan bimbingan yang efektif untuk pengembangan diri saya sebagai seorang pendidik. Mengedepankan umpan balik jujur dan konstruktif. Supervisi ini tidak hanya memberikan evaluasi, tetapi juga memberikan dukungan aktif dalam pengembangan keterampilan.

4. Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda terkait dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline