Lihat ke Halaman Asli

Nil Maizar, Mudah Meramu Komposisi Timnas

Diperbarui: 25 Juni 2015   05:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Suatu ketika, Alex Ferguson pelatih Manchester United yang kesohor pernah beberapa kali dipusingkan dengan kenyataan komposisi pemainnya tak ideal. Banyak pemain yang tak bisa tampil dikarenakan cedera dan terkena kartu. Krisis pemain belakang yang menimpa skuadnya membuat Ferguson menempatkan pemain  gelandang sebagai bek.

Di lain waktu, Alex Ferguson juga dipusingkan dengan kenyataan komposisi pemain yang dimilikinya. Namun kali ini bertolak belakang, komposisi pemainnya justru lengkap dan semua bisa tampil. Ia bingung siapa saja yang pantas sebagai starter dan siapa saja sebagai pengganti.

Hal demikian tak jarang di alami para pelatih di manapun berada, baik pelatih klub maupun timnas. Problem ini menjadi tantangan tersendiri bagi seorang pelatih dalam meramu taktik dan strategi bagi tim besutannya.

Tapi, ada pengecualian untuk Nil Maizar pelatih timnas bentukan Djohar Arifin.

Dari semua  pemain yang diundang masuk timnas,  kemungkinan besar seluruhnya lulus seleksi  karena memang kebutuhan timnas sama besar dengan yang ikut seleksi. Tak ada persaingan berarti dalam perebutan tempat disetiap lini.Nil Maizar dan asissten tak perlu bekerja keras untuk sekedar menilai pemain yang ada, undangan yg datang=kebutuhan.

Ketika bertarung di Palestina melawan timnas negara lain, sepertinya Nil Maizar tak akan repot-repot memilih komposisi starternya. Toh semua sama saja, memilih dengan merem pun jadi.

Selamat ya.........




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline