Lihat ke Halaman Asli

PSSI Bisa Apa Tanpa Dana Pemerintah?

Diperbarui: 25 Juni 2015   08:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Program dan rencana PSSI mengenai kiprah timnas kelompok umur maupun senior pasti terganggu dengan ditundanya pencairan dana yg kabarnya mencapai 40an milyar. Penghentian sementara dana tsb menimbulkan banyak persepsi, bagaimana sebenarnya sikap pemerintah terhadap PSSI. Ada beberapa hal yang patut disimak:

1. Pemerintah menyatakan dengan tegas tidak mendukung program yang sedang/akan dijalankan oleh PSSI. Kekalahan 10 kosong menjadi moment yang dipakai untuk menyatakan sikap tsb.

2. Pemerintah  menyatakan PSSI bersalah dengan tidak dipanggil/dipakainya para pemain klub asal ISL.

3. Terkait dengan point no.2, Pemerintah secara eksplisit mengakui( walau tidak mempunyai otorisasi mengenai hal ini) keberadaan ISL, sejalan dengan BOPI, melalui ketuanya Gordon Mogot yang menyatakan ISL bukanlah hajatan turnamen.

4. Pemerintah sudah memandang sebelah mata para pengurus PSSI. Tentu ini sangat wajar karena apa yang dihasilkan sangat jauh jauh dari memuaskan.

Lalu, apa yang bisa dilakukan oleh PSSI?

Ajakan rekonsiliasi pada akhirnya memang sedikit tepat, namun itu harus diawali dengan permintaan maaf  para pengurus PSSI kepada seluruh masyarakat dibarengi langkah nyata dengan me-'suspend' LPI. Bila ini dilakukan maka dipastikan ajakan PSSI untuk rekonsiliasi atau kembali ke rumah (istilah DA) akan disambut dan tentu saja akan tercapai jalan keluar untuk memajukan persepakbolaan nasional.

Semoga kedepan persepakbolaan makin ciamik, disegani hingga menggondol banyak trophy bukan hanya trophy dr turnamen kelompok umur saja.

Bravo Timnas




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline