Lihat ke Halaman Asli

Abdul Malik Salim Rahmatullah

Pendiri Syekh Zainuddin Institute, Ketua Perwakilan Nahdlatul Wathan Mesir, Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Al Azhar Kairo

Islam sebagai Solusi Hanyalah Sebuah Jargon

Diperbarui: 28 Oktober 2021   18:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mengatakan islam sebagai solusi saya kira hanyalah akan menjadi sebatas jargon yang menjanjikan. Ini bisa kita kita tinjau setidaknya dari dua segi, Pertama, Islam bersumber dari al-Qur'an. Sedangkan al-Qur'an sendiri adalah teks yang bersifat global dan tidak terperinci. Dalam kondisi seperti itu, bagaimana mungkin kita mengatakan bahwa Islam merupakan solusi semua persoalan.

Kedua, permasalahan umat manusia sangatlah kompleks dan harus di carikan solusi hukumnya. Karena iru, bagaimana mungkin manusia dapat begitu saja menyerahkan solusinya pada Islam, sedangkan permasalahan ekonomi, politik, budaya dan lainnya perlu penanganan yang lebih kontekstual.

Kalau memang perlu disepakati, saya lebih cenderung mengatakan bahwa islam merupakan sebuah nilai dan karenanya perlu reinterpretasi yang lebih mendekati makna kontekstual. Di sinilah kita memerlukan metode dekonstruksi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline