Lihat ke Halaman Asli

Abdullah Farhan Haritz

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro

KKN UNDIP Melaksanakan Pelatihan Public Speaking Guna Meningkatkan Literasi dan Kepemimpinan

Diperbarui: 4 Agustus 2023   10:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kegiatan

Desa Werdi, Kec. Paninggaran (27/7/2023) - Public Speaking merupakan sebuah seni dalam berkomunikasi didepan publik, dimana seorang pembicara berbicara dihadapan orang banyak. Public Speaking juga merupakan sebuah keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Kemampuan public speaking memiliki manfaat menumbuhkan rasa percaya diri dan jiwa kepemimpinan pada seseorang. Sehingga, untuk menumbuhkan rasa kepemimpinan tersebut, perlu diadakannya pelatihan public speaking karena untuk menumbuhkan rasa kepemimpinan membutuhkan waktu yang lama, sehingga perlu dibekalkan sedari masih sekolah.

Sebagai sekolah penggerak, SMP Satu Atap Werdi memiliki tugas untuk meningkatkan kemampuan literasi kepada siswanya. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah dengan pelatihan public speaking, karena untuk berbicara di depan umum diperlukan ilmu yang memadai serta kemampuan literasi yang baik untuk bisa berbicara dengan baik di depan umum.

Dokumentasi Kegiatan

Pada kegiatan kali ini, Mahasiswa Undip yang terkumpul pada Tim II KKN Undip Tahun 2022/2023 yang bertugas di Desa Werdi membantu tugas SMP Satu Atap Werdi sebagai salah satu sekolah penggerak yang berlokasi di Kecamatan Paninggaran untuk membantu meningkatkan kemampuan literasi dengan melaksanakan kegiatan Pelatihan Public Speaking. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kelas IX A dan dihadiri oleh siswa kelas VIII.

Kegiatan pelatihan tersebut diawali dengan pemberian materi dasar mengenai public speaking, lalu dilanjutkan dengan kegiatan praktek public speaking oleh siswa kelas VIII secara langsung di depan kelas. Selain itu, Tim II KKN Undip juga memberikan poster berisi informasi mengenai tips meningkatkan kemampuan public speaking. Kegiatan tersebut dilaksanakan guna meningkatkan rasa kepemimpinan siswa dan juga meningkatkan kemampuan literasi melalui rangkaian kegiatan pelatihan public speaking di SMP Satu Atap Werdi, Desa Werdi, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline