Lihat ke Halaman Asli

Abdullah

Guru di UPTD SDI BATUTUA KEC. ROTE BARAT DAYA Kab Kote Ndao

Aksi Nyata Pembelajaran Berdiferensiasi, Ide Apa yang Bapak/Ibu Guru Dapatkan Setelah Mempelajari Topik Ini

Diperbarui: 3 September 2024   14:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aksi Nyata/dokpri

Memahami keberagaman siswa

Sekolah adalah sebuah wadah berkumpulnya berbagai macam karakter yang dimiliki murid, mereka membawa berbagai macam potensi serta memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu seorang pendidik harus mampu mencari tahu gaya dan minat belajar murid. Dengan keragaman ini guru harus menjadi pemimpin pembelajaran di kelas agar menjawab dan memenuhi kebutuhan murid. sehingga setiap murid dapat ikut serta secara aktif dan mencapai kemampuan sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

 

 Penyusunan Rencana Pembelajaran 

Merancang suatu pembelajaran, Pembelajaran harus dirancang sedemikian luwes agar murid menarik dalam proses pembelajaran dan menyesuaikan kebutuhan mereka. Sehingga pada saat proses pembelajaran tidak ada paksaan kepada murid. Murid menerima pembelajaran dengan merdeka, senang dan sesuai dengan kemampuan sehingga belajar murid bisa efektif dan mereka mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan.

Pemetaan kebutuhan Murid

Pemetaan ini dilakukan untuk menalisis kebutuhan belajar murid atau seorang guru harus mengelompokkan murid sesuai dengan kebutahan dan minat belajar mereka. Sehingga dengan adanya pembelajaran berdiferensiasi ini dalam hal materi atau konten mampu menuntun murid belajar dengan efektif dan efisien.

Dalam proses belajar mengajar seorang guru perlunya mengidentifikasi atau memetakan kebutuhan murid, ini terkadang terlewat oleh seorang guru. Padahal, guru itu sama seperti seorang dokter, seorang dokter tidak bisa membuat sebuah resep obat tanpa melakukan pemeriksaan pada pasien. Demikian juga seorang guru harus mengetahui kebutuhan belajar murid baru bisa menciptakan proses belajar di dalam kelas.

Penilaian yang Beragam

Lewat proses penilaian, guru akan dapat mengetahui kebutuhan belajar murid-muridnya. maka diperlukan asesmen diagnostik. Tidak cukup dengan asesmen diagnostik saja yang dilakukan oleh seorang guru untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan murid. Tetapi juga melakukan Asesmen as learning atau guru melakukan pemantau terhadap perkembangan murid melalui asesmen formatif. Kemudian seorang guru melakukan penilaian sumatif, dengan asesmen sumatif guru akan dapat  menghasilkan data yang tepat dan akurat untuk mengetahui berbagai kemampuan siswa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline