Lihat ke Halaman Asli

Abdullah

Guru di UPTD SDI BATUTUA KEC. ROTE BARAT DAYA Kab Kote Ndao

Modul 1.4.f.2 Teori Mtivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi, Terlengkap dari 1 sampai 16 Halaman

Diperbarui: 1 Agustus 2024   18:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu alaikum. Salam dan Bahagia Bapak Ibu Guru Hebat

artikel ini membahas terkait dengan Modul 1.4.f.2. Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi

Nomor 2

Alasan utama saya melakukannya adalah karena menyakini bahwa tindakan ersebut sesuai dengan prinsip- prinsip yang saya perjuangkannya. Ada tiga motivasi perilaku manusia yang memengaruhi pilihan saya dalam situasi tersebut.

Pertama, ada dorongan untuk menghindari ketidaknyamanan.

Saya berpikir bahwa tindakan tersebut memang akan menyakitkan, saya juga menyadari bahwa jika saya tidak bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip saya, saya akan merasa tidak nyaman dengan diri sendiri.

kedua, ada keinginan untuk mendapatkan penghargaan atau imbalan.

Dari tindakan saya tersebut mungkin tidak mendapatkan penghargaan dari orang lain. Tapi saya merasa puas terhadap apa yang saya lakukan karena saya sudah melakukan sesuatu yang menjadi keinginan diri saya sendiri

Ketiga, ada dorongan atau motivasi untuk menjadi orang yang saya inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang saya yakini. Artinya adalah saya merasa bahwa saya sedang menjadi orang yang teguh pada prinsip-prinsip yang saya pegang. Saya percaya bahwa tindakan tersebut merupakan langkah yang benar sesuai dengan prinsip tadi, jika itu adalah tidak benar maka saya harus menghadapi konsekuensinya.

Nomor 3

Tujuan dari menciptakan nilai-nilai disiplin positif adalah menanamkan motivasi yang ketiga pada murid-murid kita yaitu untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya, tentunya harus ada tuntunan dari seorang pendidik. Ketika murid-murid kita memiliki motivasi tersebut, mereka telah memiliki motivasi intrinsik yang berdampak jangka panjang, motivasi yang tidak akan terpengaruh pada adanya hukuman atau hadiah. Mereka akan tetap berperilaku baik dan berlandaskan nilai-nilai kebajikan karena mereka ingin menjadi orang yang menjunjung tinggi nilai-nilai yang mereka hargai. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara kita sebagai guru untuk menanamkan disiplin positif yang positif ini kepada murid-murid kita?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline