Sebuah pembelajaran terdapat hal-hal yang harus dilewati agar pembelajaran menjadi sistimatis. Pembelajaran yang sitematis ini akan membuat para peserta didik menjadi lebih mudah dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Salah satu tahap yang sebaiknya dilakukan oleh peserta didik adalah evaluasi belajar. Evaluasi belajar ini sebaiknya dilakukan oleh pendidik, hal ini bertujuan agar para peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Namun, tidak hanya pedidik saja yang melakukan evaluasi belajar, akan tetapi evaluasi belajar ini hendaknya dilakukan oleh peserta didik, jadi ketika ada timbal balik seperti demikian maka insyaallah tujuan belajar lebih mudah untuk dicapai. Tidak hanya evaluasi belajar akan tetapi pembelajaran juga sebaiknya dievalusi.
Hal ini bertujuan agar para pendidik mengetahui seberapa berhasilnya pembelajaran yang telah dilakukan. Hal ini akan menjadi acuan bagi pendidik pembelajaran yang bagaimana yang efektif dan efisien untuk digunakan. Para pendidik pun juga dapat mengetahui kelemahan pembelajaran yang telah pendidik tersebut lakukan.
Evaluasi belajar dan pembelajaran ialah sebuah proses yang dijadikan acuan untuk menentukan nilai belajar peserta didik bahkan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Evaluasi ini dilakukan memalui kegiatan penilaian dan pengukuran belajar peserta didik dan pembelajaran yang telah disampaikan oleh pendidik.
Secara umum evaluasi dapat diartikan sebagai proses yang disusun secara sistematis untuk menenrukan nilai sesuatu baik itu mengenai ketentuan, kegiatan, keputusan, orang, proses, objek, dan lain sebagainya, berdasarkan kriteria tertentu melalui proses penilaian terhadap suatu yang dinilai tersebut.
Dengan melalui kegiatan evaluasi pendidik dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai selama melakukan sebuah pembelajaran. Ketika peserta didik memeperoleh nilai yang memuaskan, maka akan memberikan dampak berupa suatu stimulus, motivator agar peserta didik tersebut lebih meningkatkan prestasi sehingga dalam kelas tersebut dapat terjadi persaingan dalam hal keilmuan, persaingan memang tidak diperbolehkan namun dalam konteks keilmuan itu diperbolehkan, hal tersebut dikarenakan daoat memicu para peserta didik yang sudah mampu atau sudah pintar tidak kendor dalam kegiatan belajarnya.
evaluasi belajar dan pembelajaran akidah akhlak adalah suatu proses tolak ukur untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan yang dicapai dalam ranah belajarnya setiap individu pesertda didik dan pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru pada pelajaran akidah akhlak. Jadi, pada evaluasi ini tidak hanya peserta didik saja yang diukur atau dinilai perkembangannya, akan tetapi dari sisi seorang pendidik pun juga diukur dan dinilai pembelajaran yang telah pedidik tersebut telah lakukan. Oleh karena itu evaluasi ini sangat penting dalam dunia pendidikan, dikarenakan dampak positif yang diperoleh dalam melakukan evaluasi ini tidak hanya dirasakan oleh peserta didik saja, akan tetapi pun juga dirasakan oleh para pendidik.
Secara umum manfaat dari evaluasi dapat diambil dari kegiatan evaluasi dalam pembelajaran antara lain sebaga berikut:
- Memahami sesuatu baik keadaan peserta didik, sarana dan prasaarana dan kondisi pendidik.
- Membuat keputusan baik itu terkait kelanjutan program penanganan masalah yang dialami oleh peserta didik, dll.
- Meningkatkan kualitas PBM
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H