Lihat ke Halaman Asli

Anonymous Setup

freelancer

UKM Kita (part I)

Diperbarui: 26 Juni 2015   20:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Nganu mas, la wong bondho uang lima ratus ribu itu lho sudah bisa jadi juragan...


Begitulah salah satu ungkapan cak Sukari dalam obrolannya dengan saya saat pertama kali berkenalan. Sukari adalah salah satu pengusaha klompen di kecamatan Singosari - kabupaten Malang yang ikut merasakan price war ngawur sesama pengusaha klompen yang berdampak pada mangkrak-nya bisnis yang selama lima tahun telah digeluti.

Sudah bertahun-tahun klompen merupakan salah satu mata pencarian masyarakat Singosari yang juga mampu mereduksi tuna karya di daerah tersebut. Kurangnya koordinasi dan pengelolaan proses produksi menyebabkan bermunculan pengusaha-pengusaha klompen baru asal jadi yang berspekulasi untuk bersaing dengan melakukan produksi klompen dengan target pasar yang sama dan harga yang lebih murah. Maka perang hargapun terjadi untuk target pasar yang sama sampai pada suatu titik kulminasi dimana dengan sangat tipisnya keuntungan yang diterima, maka tidak ada solusi lain menurut mereka selain mengurangi kualitas produk. Sejak kondisi itulah hasil karya yang semula diminati pasar mulai berubah menjadi produk murahan yang tak layak jual.

Kemudian skenario mereka rancang untuk mengembalikan kondisi aktual pada kondisi ideal, dua tahun yang lalu dibangun kelompok usaha dengan harapan koordinasi untuk manfaat bersama dapat memulihkan keadaan. Belumlah lama kendala kembali muncul, kali ini soal transparansi komunikasi dan sistem kerjasama yang tidak jelas yang malah membuat masalah baru dalam sosial kemasyarakatan.

"Awalnya bukan modal mas, tapi nganu itu lho soal budayane lan pengembangan pasar, tapi le' sa'niki ya modal juga sudah jadi salah satu masalah he..he.." ungkap cak Sukari kepada saya. Ironis meski tidak pesimis karena bukan tanpa solusi, karena memang sudah ada program dari pemerintah seperti PNPM, Koperasi, dan lain sebagainya untuk pemberdayaan masyarakat dan UKM.

Bantuan modal, pelatihan dan pengembangan pasar memang harus dilakukan dengan baik kepada UKM kita untuk meningkatkan penjualan  produk Indonesia dan kesejahteraan masyarakat agar ada sinkronisasi antara masyarakat dan program pemerintah Aku Cinta Produk Indonesia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline