Di semester 5 ini kami mendapatkan mata kuliah wajib Magang SMP yang Dimana kita dibagi kelompok acak untuk ditempatkan di SMP yang berbeda-beda , para dosen membagi kelompok-kelompok untuk Dimana kami ditempatkan. Pada suatu siang kami mendapatkan pertemuan online dengan kepala prodi Pendidikan Bahasa Arab, Ustadz Muhammad Na'im Madjid S.S., M.I.S., Ph.D untuk membahas terkait magang SMP serat diberitahukan peraturan-peraturan yang harus dijalani saat magang serta kami diberikan buku panduan untuk memperjelas apa tugas kita di mata kuliah Magang SMP ini. Di pertemuan online itu Kepala Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Ustadz Muhammad Na'im Madjid S.S., M.I.S., Ph.D menjelaskan terkait mata kuliah Magang SMP, kami dibagi perkelompok dan saya sendiri dapat tempat magang di SMP IT Alam Nurul Islam Bersama yang dipimpin oleh dosen kami Ustadz Roojil Fadillah, LC., M.Pd.I. , dan pada tanggal 4 Oktober 2023 kami pertama kali menjalani mata kuliah wajib Magang SMP IT Alam Nurul Islam, yang beralamat di Gumuk, Sidoarum, Godean, Besi, Kecamatan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kita berkelompok kesana menggunakan sepeda motor, dan disana kita ketemu guru pamong kita yaitu Ustadz Jamal, beliau adalah seorang guru di SMP IT Alam Nurul Islam yang mengampu dua mata Pelajaran sekaligus yaitu, Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Kami berkumpul di salah satu ruangan yang berada di SMP itu untuk melakukan penyerahan Magang SMP penyerahan dipimpin langsung oleh dosen kita Ustadz Roojil Fadillah, LC., M.Pd.I. serta menjelaskan bahwa kami mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta akan melakukan kegiatan observasi terkait pembelajaran yang ada di SMP IT Alam Nurul Islam. Setelah itu kami diterima untuk kegiatan observasi ini oleh Ustadz Jamal sebagai guru pamong yang akan membantu terkait pelaksaan mata kuliah Magang SMP ini. Kegiatan magang ini kita sepakati untuk oergi ke SMP seminggu sekali untuk melakukan observasi, walaupun kenyataannya tidak seperti perjanjian di awal karena terhalang dengan kegiatan yang bertabrakan antara jadwal kuliah dan jadwal mata Pelajaran yang akan kami observasi yaitu, Bahasa Arab. Tapi kami beberapa kali sempat melihat dan mengobservasi bagaimana proses pembelajaran yang ada di SMP IT Alam Nurul Islam. Pada dasarnya semua kegiatan belajar mengajar yang ada di SMP IT Alam Nurul Islam ini sama seperti sekolah-sekolah kebanyakan yang membedakan adalah pembelajaran bisa saja dilakukan di tempat-tempat yang fleksibel, contohnya Ketika kami sedang melakukan observasi disana kita dapat jadwal mata Pelajaran yang kami observasi bertepatan setelah shalat Dzuhur jadi kata Ustadz Jamal " Kami, belajar di perpustakaan karena masjid dan ruang kelas itu agak berjauhan daripada bolak balik kita melakukaan kegiatan belajar mengajar di perpustakaan ini." Begitulah kata beliau. Ditambah waktu itu juga di hari Kamis dan Sebagian besar murid-murid di SMP IT Nurul Islam ini melakukan puasa sunnah senin-kamis jadi untuk menghemat tenaga di perpustakaan karena kebetulan mata Pelajaran Bahasa Arab ini mata Pelajaran di jam terakhir. Untuk metode pembelajaran yang dilakukan Ustadz Jamal sendiri yaitu metode imla' waktu itu, jadi ustadz jamal mendiktekan kalimat ber-Bahasa Indonesia dan murid-murid diminta untuk menerjemahkan nya ke Bahasa Arab, para murid terlihat antusias meskipun sedang menjalani puasa sunnah senin-kamis, seperti itulah pembelajaran murid-murid SMP IT Alam Nurul Islam. Di lain hari Ustadz Jamal melakukan kegiatan belajar mengajar di ruang kelas mungkin karena untuk menghindari suasana bosan karena tempat belajar mengajar di situ-situ saja, kegiatan belajar mengajar yang ada di ruang kelas sama seperti biasanya Ustadz Jamal menerangkan mata Pelajaran Bahasa Arab kemudian jika ada murid yang belum paham ditanyakan ke Ustadz Jamal. Begitulah kegiatan belajar mengajar di SMP IT Alam Nurul Islam. Dan di SMP IT Alam Nurul Islam ini kami mendapatkan pengalaman yang berharga, jadi waktu memasuki penghujung semester gasal ini SMP IT Alam Nurul Islam melakukan kegiatan Penilaian Akhir Semester, jadi kami tidak bisa melakukan observasi kegiatan belajar mengajar saat itu. Tapi setelah selesai melakukan Penilaian Akhir Semester kami diminta untuk mengoreksi jawaban yang sudah dikerjakan oleh para murid di SMP IT Alam Nurul Islam, waktu itu kami dipanggil untuk mengoreksi jawaban , dan ternyata mata Pelajaran Bahasa Arab itu di Penilaian Akhir Semester dijadikan satu dengan Pemahaman Al-Qur'an tidak dilakukan Penilaian Akhir Semester sendiri, kami diminta ke sekolah untuk dijelaskan terkait bagaiaman cara penilaian terkait jawaban yang akan kami koreksi. Kami mengira akan melakukan koresi jawaban disana ternyata dikasih waktu tiga hari untuk menyelesaikan koreksi jawaban tersebut dan boleh dibawa pulang ke kos masing-masing. Itu pengalaman yang seru karena kami bisa lebih paham bagaimana pola piker anak SMP, bagaimana reaksi mereka Ketika anak SMP tidak tau jawabannya kami mendapati jawaban-jawaban yang membuat kami tertawa, hitung-hitung refreshing juga karena bisa tertawa-tawa karena melihat jawaban anak SMP IT Alam Nurul Islam, Setelah selesai jawaban itu kami serahkan ke Ustadz Jamal. Saat menerima jawaban yang kami akan koreksi kami sekelompo diundang untuk menghadiri pameran yang digelar oleh SMP IT Alam Nurul Islam, jadi acara itu dilaksanakan sekaligus untuk mengadakan acara penerimaan rapor murid-murid SMP IT Alam Nurul Islam, sekaligus para murid-murid SMP IT Alam Nurul Islam melakukan seperti pagelaran budaya tiap tiap murid menampilkan tari-tarian tradisional, menyanyi dan lain sebagainya, serta disitu ada bazar yang kitab isa mengunjungi juga.
**Judul: Pengalaman Magang di SMP IT Alam Nurul Islam Yogyakarta: Meniti Jejak Pendidikan Berbasis Teknologi**
Magang merupakan suatu pengalaman berharga yang dapat membuka wawasan dan memperluas pengetahuan seseorang di dunia pekerjaan. Salah satu pengalaman magang yang tidak terlupakan bagi saya adalah ketika saya magang di SMP IT Alam Nurul Islam di Yogyakarta. SMP IT Alam Nurul Islam adalah sekolah yang mengkombinasikan pendidikan umum dengan penerapan teknologi informasi, menciptakan lingkungan belajar yang unik dan modern.
Selama periode magang, saya merasakan banyak hal positif yang membentuk pemahaman saya tentang pendidikan berbasis teknologi. Lingkungan sekolah yang ramah dan inovatif membangkitkan semangat saya untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan belajar-mengajar. Guru-guru di SMP IT Alam Nurul Islam tidak hanya menjadi pengajar, tetapi juga menjadi fasilitator yang mendukung siswa untuk menjelajahi berbagai konsep melalui teknologi.
Salah satu aspek yang membuat SMP IT Alam Nurul Islam berbeda adalah integrasi teknologi dalam setiap aspek pembelajaran. Siswa-siswa diajak untuk menggunakan perangkat teknologi seperti laptop dan tablet untuk memperdalam pemahaman mereka tentang mata pelajaran tertentu. Saya mendapatkan kesempatan untuk mengamati bagaimana guru-guru menggunakan berbagai aplikasi edukatif dan platform pembelajaran daring untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan mempermudah proses belajar.
Selain itu, magang ini juga memberikan saya kesempatan untuk melibatkan diri dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pengembangan keterampilan teknologi. Saya bergabung dalam klub robotika dan belajar cara merancang dan memprogram robot. Pengalaman ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis saya tetapi juga mengajarkan saya tentang kolaborasi tim dan pemecahan masalah.
Saya juga terkesan dengan pendekatan holistik dalam pengembangan karakter siswa di SMP IT Alam Nurul Islam. Mereka tidak hanya fokus pada aspek akademis, tetapi juga memberikan perhatian besar pada pembentukan nilai-nilai moral dan kehidupan beragama. Saya merasakan bahwa pendidikan di SMP IT Alam Nurul Islam tidak hanya menciptakan siswa yang cerdas secara akademis tetapi juga menciptakan individu yang bertanggung jawab, peduli, dan memiliki integritas.
Selama magang, saya memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan siswa-siswa yang penuh semangat dan antusias. Mereka memiliki motivasi tinggi untuk belajar dan berinovasi, dan ini mencerminkan budaya pembelajaran yang ditanamkan oleh sekolah. Saya merasa termotivasi untuk terus belajar dan berkontribusi pada perkembangan teknologi pendidikan setelah melihat dampak positifnya di SMP IT Alam Nurul Islam.
Sebagai kesimpulan, magang di SMP IT Alam Nurul Islam Yogyakarta telah menjadi pengalaman yang membuka mata saya terhadap potensi luar biasa pendidikan berbasis teknologi. Saya merasa terinspirasi oleh pendekatan holistik dan inovatif yang diterapkan oleh sekolah ini. Pengalaman ini tidak hanya memberi saya pengetahuan teknis tetapi juga membentuk nilai-nilai dan karakter yang akan saya bawa dalam perjalanan pendidikan dan karier saya ke depan. Saya yakin bahwa fondasi yang saya peroleh dari magang ini akan menjadi landasan yang kokoh untuk masa depan saya dalam dunia pendidikan dan teknologi.