Lihat ke Halaman Asli

Abdul Karnen

tak ada kata lelah dalam mencari kehidupan yang lebih baik

AI (Artificial Intelligence) dan Implementasi Teknologi dalam Mendukung kehidupan sehari-hari dan masyarakat

Diperbarui: 10 Februari 2022   08:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

AI (Artificial Intelligence) dan Implementasi Teknologi dalam Mendukung kehidupan sehari-hari dan masyarakat

Kecerdasan tidak memiliki ruang lingku yang kecil, akan tetapi memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Sakah satunya adalah kecerdasan buatan. Artificial Intelligence (AI) adalah mesin yang belajar dari pengalaman di masa lalu guna menyesuaikan diri dengan Input baru dan melakukan tugas seperti yang dilakukan oleh manusia. Ada banyak contoh AI yang telah dikembangkan, seperti komputer yang bermain catur secara otomatis, serta mobil yang bisa mengemudi sendiri. Sejarah AI di mulai pada tahun 1950-an, dimana hanya ada topik sederhana seperti pemecahan masalah dan metode simbolis. Kemudian, antara 1960-1970, Kementerian Pertahanan Amerika Serikat menjadi tertarik pada komputer pada saat itu di ikuti oleh film-film hollywood dan novel-novel fiksi ilmiah.

Kecerdasan Buatan sangat penting dari masa ke masa, dimana Jim Goodnight, CEO SAS (Statistical Analysis System) menyatakan bahwa AI telah menjadi bagian dari integrasi perangkat lunak SAS Selama bertahun-tahun. Sekarang SAS membantu pelanggan di setiap industri dengan memanfaatkan kemajuan AI dan akan terus menanamkan teknologi AI seperti pembelajaran mesin dan pembelajaran mendalam dalam solusi di seluruh portofolio SAS. Ini menunjukan bahwa AI dan pembelajaran mesin berkembang sangat cepat. Selain itu, pentingnya AI terletak pada kemampuannya untuk mengotomatiskan pembelajaran berulang dan penemuan data misalnya melakukan tugas yang sering dan bervolume tinggi, dan lain lain. AI juga dapat menambhkan kecerdasan pada produk seperti produk baru Apple. Tidak hanya itu, AI juga beradaptasi dengan aliran bahasa pemrograman. Itu dapat menganalisis lebih banyak dalam mencapai akurasi yang menakjubkan seperti Google Search, dan Google Foto.

Diera ini, AI berkembang pesat dan diterapkan dalam kehidupan sosial sehari hari. Sebagai contoh, AI di terapkan di perusahaan yang sudah di akui di negara kita, Qlue Smart City. Perusahaan ini menampilkan berbagai teknologi buatan yang canggih. Tujuannya tidak hanya untuk kepentingan perusahaan, tetapi juga untuk dampak sosial yang luas. Perusahaan ini memiliki beberapa produk AI. Produk pertama adalah QlueApp . Aplikasi ini mengelola komunikasi yang lebih baik antara pemerintah dengan warganya. Hal ini juga meningkatkan transparansi dan kepercayaan publik dengan memberikan respon yang lebih cepat untuk semua masalah yang ada di kota. yang berikutnya adalah QlueDashboard, yang memahami semua informasi dalam organisasi melalui satu platform, melakukan integrasi tanpa batas, mengelola masalaha, serta memantau tenaga kerja melalui seluler secara real-time. Ketiga Qlue Vision. ini meningkatkan CCTV yang ada dengan visi komputer AI, bahkan memungkinkan mereka melakukan lebih dari sekedar merekan tetapi juga kemampuan lain seperti pengenalan manusai dan kendaraan. lalu ada QlueSense yang membangun arus lalulintas yang lebih baik melalui pengguna teknologi AI dan ioT . Ini juga mengurangi kemacetan dan meningkatkan mobilitas sambil meningkatkan efesiensi bagi personal dilapangan. Yang lainnya adalah QlueWork yang mengelola personel lapangan anda untuk mengkoordinasikan, melaporkan, dan menyelesaikan masalah dengan lebih cepat. ini juga merupakan aplikasi  penanganan masalah utama. Terakhir QlueThermal, yang sesuai dengan protokol kesehatan Covid_19. ini adalah perangkat tunggal yang dapat membantu anda menyaring suhu tubuh pengunjung, Pengguna masker, dan stemple waktu, semuanya tanpa kontak fisik dan mengurangi kesalahan manusia. QlueThermal merupakan salah satu produk unggulan karena merupakan alat pengontrol suhu terhadap Covid-19.

Secara keseluruhan contoh-contoh tersebut sejalan dengan visi dan misi AI dari masa kemasa, yaitu secara tidak langsung sangat membantu dan  memudahkan kehidupan manusia dari berbagai bidang, terutama transportasi, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya. AI juga membantu meningkatkan kekuatan ekononmi suatu negara, memberikan ide dan pengetahuan lebih melalui berbagai cara yang dibuat oleh kecerdasan sosial yang lebih menguntungkan  bagi masyarakat umum dan bermanfaat dalam hal teknologi, bahkan bukan hanya itu saja teknologi Qlue membantu pemerintah dan swasta dalam pengambilan suatu  keputusan berbasis data.  Saat ini, Qlue dipercaya oleh lebih dari 70 klien dari lembaga pemerintah.

Penulis : Abdul Karnen




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline