Lihat ke Halaman Asli

Abdul Karim

Masih belajar

Pentingnya Kesehatan Mental (Mental Health) dalam Pendidikan Islam

Diperbarui: 6 September 2022   22:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Konsep Mental Pada Manusia

Menurut pandangan agama Islam, hakikat manusia adalah makhluk beragama, yaitu makhluk yang mempunyai fitrah untuk memahami dan dan menerima nilai-nilai kebenaran yang bersumber dari agama. Dari sikap keagaman inilah yang membuat manusia berbeda dengan makhluk lainnya dan juga mengangkat harkat dan martabat atau kemuliaan disisi Allah SWT. Fitrah beragama manusia didukung oleh lingkungan yang mendorong manusia bertindak baik maupun buruk terutama lingkungan keluarga. Jika lingkungan baik maka akan menjadi uswatun hasanah bagi perilakunya di dunia, dan sebaliknya.

Hakikat manusia dalam Islam dapat ditinjau dari segi vertikal dan horizontal, yaitu:

1.Segi Horizontal

Manusia adalah makhluk sebagai hamba tuhan. Dari segi ini manusia memiliki tanggungjawab untuk beribadah kepada Tuhannya. Untuk itu, manusia dibekali fitrah dalam hal segala hal sebagai potensi manusia yang harus dikembangkan dengan pendidikan melalui kondisi suasana dan lingkungan manusia.

2.Segi Vertikal

Dari segi ini manusia diberikan tanggungjawab untuk menjadi makhluk yang dapat bermanfaat baik untuk dirinya maupun yang lainnya. Hal ini dengan tujuan mencapai kebahagiaan yang hakiki dan kesejahteraan untuk semuanya.

Menurut Agus Mustofa bahwa manusia itu terdiri dari tiga unsur yaitu badan, ruh, dan jiwa. Ketiganya memiliki fungsi dan peran yang berbeda namun dalam satu kesatuan membentuk manusia seutuhnya. Maka konsep mental lebih mengarah pada pengertian jiwa yang memiliki kendali atas alam sadar manusia serta terhubung dengan jasmani serta ruhani yang bergerak di alam bawah sadar manusia.

Konsep Dasar Kesehatan Mental

Kesehatan mental terdiri dari dua kata yaitu kesehatan dan mental. Kesehatan menurut KBBI berasal dari kata sehat yang berarti baik, waras, mendatangkan kebaikan, sembuh dari sakit dan dapat dipercaya. Sedangkan didalam bahasa Yunani, kesehatan terkandung dalam kata hygiene yang berarti ilmu kesehatan. Sehingga kesehatan dapat berarti suatu keadaan yang sehat. Kata mental secara etimologi berasal dari kata latin yaitu "mens" atau "mentis" yang berarti roh, sukma, jiwa, nyawa, dan semangat.

Dari pengetian secara etimologi dapat disimpulkan bahwa kesehatan mental adalah ilmu yang mempelajari mental, psikis, jiwa seseorang dalam keadaan sehat, baik, semangat atau tidak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline