Lihat ke Halaman Asli

Akhirnya CBR150R Pakai Jok Split Seat

Diperbarui: 15 Februari 2016   14:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Setelah tahun lalu mendapatkan saingan sepadan di kelas line up sport 150 cc dengan diluncurkannya yamaha (yzf) R15, PT Honda Astra Motor terus berbenah untuk tetap menjaga market motor sport 150cc nya. Tahun lalu honda meluncurkan Honda CBR150R dengan konsep CKD karena diproduksi di dalam negeri. Hal ini tentunya imbas dari harga R15 yang bisa mencapai 10 Juta lebih murah dari Honda CBR150R yang lama. Namun dari segi design, perubahan yang diusung Honda pada Honda CBR tahun lalu terbilang minor dengan hanya melakukan ubahan pada headlamp serta exhaustnya yang kini berbentuk lebih normal. Sedangkan desain lainnya seperti body, behel, rearlamp serta jok masih sama persis dengan pendahulunya. Satu hal yang menarik perhatian adalah konsistensi honda yang selama ini menerapkan jok semi split seat yang menurut saya pribadi kurang sedap di pandang mata karena kehilangan karakter sportnya.

Nampaknya Honda mulai sadar akan satu kekurangan ini, hal ini dapat dilihat pada peluncuran Honda new CBR150R 2016 kemarin. CBR kini telah menggunakan pure split seat seperti lazimnya motor sport. Namun tidak hanya sampai disitu, perubahan yang terbilang mayor ini membawa konsep baru yang lebih mengentalkan nuansa sport pada honda CBR baru ini. Contohnya saja desain lampu depan yang kini lebih menyipit (Sebelumnya terlalu belo), desain fairing yang lebih kekar, bodi dengan lekukan yang eksotis, lampu belakang yang lebih kecil, serta penerapan lampu LED disetiap sistem penerangan.

Dengan semua ubahan yang diusung, rasanya Honda new CBR150r ini tidak hanya maju selahkah tapi dua atau tiga langkah dibanding seri sebelumnya. Tidak salah jika secara desain CBR baru ini akan behadapan langsung dengan yamaha Xabre 150. Xabre 150? Ya, mungkin segmentasi Xabre 150 berbeda dengan CBR150R tapi hanya Xabre 150 yang punya detailing desain yang setara denganCBR150R dikelas 150cc. Sedangkan untuk segmen motor sport fairing CBR boleh bangga karena seakan tiada yang pantas bersanding dengannya dikelas 150cc. Atau bisa juga disandingkan dengan motor sport 250cc seperti R25 dan atau Ninja Mono. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline