Dalam dunia kantor, pelaksanaan program kerja (proker) dilaksanakan sesuai rundown yang telah dibuat dan disepakati sebelumnya, dimana proker tersebut dibuat dan disetujui pada tahun sebelumnya setelah melalui proses serta kajian yang disesuaikan dengan visi dan misi lembaga atau kantor
Melaksanakan proker bagi para "hamba" komporate, khususnya di kantor adalah hal lumrah yang selalu dilaksanakan disetiap tahunnya, namun yang menarik dalam melaksanakan proker itu adalah karakter dan warna warni dalam kegiatan dimaksud.
Seperti dalam menyiapkan administrasi, untuk kegiatan baik berupa seminar, fgd, maupun kegiatan berupa perjalanan dinas keluar kota atau menghadiri undangan dari pihak ketiga, semua setelah selesai dikerjakan harus dipertanggung jawabkan kepada pimpinan dengan melengkapi berkas dan sarat yang dibutuhkan
Diantara berkas administrasi yang harus disiapkan adalah Nota, Kwitansi, Bill Hotel, SPBy, Nota Rangkap, Surat Pernyataan dan beberapa berkas administrasi perkantoran lainnya dan kesemuanya adalah hal wajib yang harus ada pada sebuah kegiatan baik itu di perusahaan maupun perkantoran
Berkas diatas merupakan bagian yang tak terpisahkan untuk dipenuhi dan sebagai wujud pertanggung jawaban panitia pelaksana dalam melaksanakan tugasnya, terlebih jika yang mengadakan kegiatan itu adalah kantor yang notabene dimilik negara
Membahas "dunia" administrasi khususnya tentang berkas sebagaimana paragraf awal, sudah menjadi rahasia umum, bahwa ada beragam warna, karakter, dan cara yang dipertontonkan oleh pengelola dalam menyiapkan berkas dimaksud, baik oleh pelaksana, penerima kegiatan ataupun para pemeriksa keuangan
Dan menjadi rahasia umum, bahwa dalam melaksanakan kegiatan dilingkup kantor pemerintahan, biasanya para pelaksana kegiatan dalam melaksanakan tugasnya, akan meniru dan mengikuti "irama" para pelaksana terdahulu, sehingga kegiatan itu dilakukan tidak berdasarkan benar atau salahnya, tetapi mengikuti cara yang pernah dikerjakan oleh pendahulu mereka
Disinilah "ujian" terberat bagi pegawai yang memiliki jiwa idealis yang ingin memiliki mental dan integritas baik dalam melaksankaan berbagai macam kegiatan dan pelaksanaan tugas dalam kerja
Meskipun tidak semunya pegawai berperilaku seperti yang saya asumsikan diawal, tetapi banyak cerita, terkait perilaku atau modus dari pegawai kantor dalam menyelesaikan administrasi kegiatan. dan rata-rata model, cara ataupun modus yang dilakukan hampir serupa atau sama pada beberapa hal sebagai berikut:
Pertama, bahwa melaksanakan kegiatan selalu di hotel, padahal kegiatan tersebut juga bisa dilaksanakan di aula, ruang rapat yang ada di kantor, namun panitia cendrung melaksanakan kegiatan dimaksud di hotel.