Lihat ke Halaman Asli

abdul jamil

selalu belajar

احمد رسول الله

Diperbarui: 13 Maret 2022   21:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto dari NUonline

Rajab adalah satu dari tiga bulan yang sangat mulia, kemulyaan bulan rajab digambarkan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad, yang menyatakan bahwa bulan Rajab adalah bulannya Allah (شهرالله). 

OLeh karena itu nabi kita Muhammad SAW selalu berdo'a manakala beliau melihat hilal bulan rajab. Do'a itu sebagaimana Hadits riwayat Ahmad,

اللهم بارك لنا في رجب و شعبان وبلغنا رمضان

Artinya: 

"Ya Allah berkahilah bagi kami di bulan rajab, bulan Sya'ban dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan" H.R Ahmad

Dalam tradisi ummat muslim yang tinggal di Kalimantan terutama masyarakat banjar, ketika datang bulan rajab semua bergembira, dan menjadikan bulan tersebut menjadi salah satu pengingat akan datangnya bulan ramadhan. 

Para Imam Masjid, Ulama dan pendakwah biasanya akan menyisipkan beberapa do'a yang terinspirasi dari bulan mulya tersebut, sebagaimana yang dibaca baginda rasulullah SAW yaitu:

 (اللهم بارك لنا في رجب و شعبان وبلغنا رمضان), sebuah harapan untuk memohonkan berkah pada bulan rajab, sya'ban dan juga permohonan untuk dipanjangkan umur dan bertemu dengan bulan penuh berkah yaitu bulan Ramadhan.

Selain penyisipan do'a-doa di bulan rajab, juga terdapat amalan mulia khususnya di hari jum'at terakhir bulan rajab. 

Amalan ini sangat dianjuran oleh para ulama dan mubalig di wilayah kalimantan. Bahkan anjuran mengamalkan tersebut juga akan menjadi masif dan firal beredar di berbagai media sosial seperti group WA, status di WA ataupun media sosial lainnya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline