Lihat ke Halaman Asli

abdul iqram

Mahasiswa

Kajian Peran Geograf Memetakan Wilayah Bencana dan Ikut dalam Aksi Kemanusiaan

Diperbarui: 22 Januari 2023   14:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berbagai macam ancaman bencana yang silih berganti membuat masyarakat mengerti bahwa mereka hidup di tengah-tengah ancaman bencana. Oleh karena itu, perlu dibangun kesadaran dan kepahaman tentang kesiapsiagaan bencana untuk dikalangan masyarakat.

Dalam upaya pengurangan resiko bencana setiap elemen harus ikut serta tak terkecuali peran geograf dengan ilmu geografinya, Dosen Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiya Prof. Dr. Hamka yaitu Agung Adiputra M,Si mengatakan bahwa terdapat beberapa peran seseorang geograf dalam manajemen bencana, diantaranya adalah

1.  Memanfaatkan teknologi dan sistem informasi geologis untuk mapping dan monitoring bencana

2. Mengoptimalkan penggunaan unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau peran geograf dalam mitigasi bencana 

3. Analisa data untuk assesment dampak bencana 

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh tim relawan UHAMKA yang terdiri dari mahasiswa pendidikan geografi, dosen pendidikan geografi dan kolaborasi dari berbagai entitas, baik pemerintah dunia usaha, komunitas, media maupun perguruan tinggi. Riset yang dilakukan oleh teman-teman relawan Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka lakukan adalah dengan tujuan utama melakukan pemetaan dampak bencana Gempa Bumi, tim relawan melakukan aksi kemanusiaan itu di daerah yang terkena dampak bencana seperti sebelumnya terjadi Gempa bumi tepatnya di daerah Cianjur, Jawa Barat dan respon masyarakat sangat positif dari adanya tim relawan untuk memberikan pemetaan rawan bencana dan edukasi terkait daerah rawan bencana kepada masyarakat setempat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline