Lihat ke Halaman Asli

Abdul Halim

Mahasiswa

Pentingnya Penggunaan Media Sosial yang Positif

Diperbarui: 28 Januari 2024   11:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang kita ketahui semakin berjalannya waktu, media digital semakin berkembang. Media digital tidak hanya berkembang di Indonesia tapi juga berkembang di seluruh dunia salah satunya adalah sosial media yang biasa orang sebut medsos. Bahkan, media digital sudah termasuk suatu kepentingan di era modern ini baik dalam komunikasi, pendidikan dan lain-lain. Media digital juga sudah mulai berdampak besar terhadap masyarakat baik hal positif maupun negatif dan kita sebagai pengguna media digital harus benar-benar menggunakan media yang berdampak pada masyarakat ini dengan sebaik-baiknya agar kita dapat memberi dampak positif kepada masyarakat pengguna media digital.

Media sosial adalah media yang bisa digunakan untuk membagikan hal-hal yang ingin dibagikan penggunanya baik itu hal positif maupun negatif. Seperti yang kita ketahui media soasial seperti ; Tiktok, Instagram, Facebook, Youtube. Semua media sosial tersebut memiliki ciri khas masing-masing. Namun, semua media sosial tersebut sama-sama digunakan untuk membagikan sesuatu. Dengan sosmed kita juga bisa membagikan hal edukasi yang bisa membuat orang-orang yang melihat mendapatkan suatu hal yang positif. Namun, sangat disayangkan medsos juga memiliki banyak sisi negatif dikarenakan orang-orang yang tidak bertanggung-jawab. Mereka membagikan konten-konten negatif yang berdampak terhadap masyarakat yang merusak etika dan moral masyarakat kita.

Dalam bermedia sosial kita juga harus memperhatikan adab kita, kita harus benar-benar memastikan bahwa yang kita bagikan dalam sosmed benar-benar sesuatu yang positif karena itu akan dipertanggungjawabkan diakhirat kelak. Allah telah menjelaskannya dalam Q.S Al hujurat ayat 6 :

Yang artinya : Wahai orang-orang beriman, jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu.

Ayat ini menjelaskan bahwa kita sebagai muslim yang menaati aturan Allah , kita harus hati-hati dalam membagikan sesuatu berita apalagi dalam sosial media. Kita harus teliti, bahwa yang kita bagikan di sosmed kita benar-benar hal yang positif dan benar. Juga kita sebagai pengguna sosmed juga harus benar-benar bijak dalam mencerna informasi yang kita lihat dalam sosmed. Jangan kita telan mentah-mentah berita yang tersebar disosmed.

Sebagai contoh, telah terjadi belakangan ini debat capres dan cawapres. Pasti banyak yang memiliki pilihannya masing-masing dan tiap pendukung membagikan kelebihan capres pilihannya disosmed. Namun, banyak juga yang salah menggunakan sosmed nya dengan menjelekkan capres dan cawapres lainnya bahkan sampai memberikan berita hoax. Sebagai muslim, kita tentu tahu bahwa menyebarkan berita hoax berarti melanggar perintah Allah SWT. Dan kita sebagai muslim yang taat harus menjauhi perlakukan tersebut.

Oleh karena itu, sosmed merupakan media yang benar2 berdampak besar kepada kehidupan masyrakat baik itu dalam hal positif maupun negatif. Kita sebagai muslim harus benar-benar paham cara menggunakan sosmed yang baik yaitu membagikan sesuatu yang jelas kebenarannya, tidak sembarangan memakan berita yang tersebar mentah-mentah harus dicari tahu kebenarannya, dan harus memperbanyak membagikan hal-hal positif ke sosmed. Dengan sosmed kita juga bisa sebagai tempat kita berdakwah. Apabila 3 hal tersebut di lakukan dengan baik, maka insyaallah dunia sosmed akan berdampak positif untuk masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline