Lihat ke Halaman Asli

Abdul Aziz

Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Startegi Penetrasi Pasar yang Belum Diketahui Banyak Orang

Diperbarui: 27 Desember 2021   03:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Saya Abdul Aziz dengan Nim 191410016 Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Strategi Penetrasi Pasar

Ekonomi merupakan sektor yang paling esensial dalam sebuah negara. Semua kehidupan bangsa dan negara bermuara pada sektor ekonomi. Salah satu indikator negara maju adalah dinilai dari sektor ekonomi. untuk itu peningkatan ekonomi itu perlu dilakukan untuk pemenuhan kehidupan masyarakat disebuah negara.

Peningkatan ekonomi sulit dilakukan dalam situasi dan kondisi saat ini. Pandemi Covid-19 mengguncangkan perekonomian di seluruh dunia. Seluruh negara berusaha keluar dari lingkaran covid-19 guna memulihkan keadaan seperti semula. Kesehatan dan perekonomian adalah salah satu hal prioritas untuk dipulihkan. Seluruh negara memutar otak untuk menyelamatkan kesehatan dan meningkatan perekonomian. Tiap-tiap negara mempunyai strateginya masing-masing untuk meningkatan ekonomi.

Berbicara ekonomi tidak akan terlepas dari pasar, baik itu pasar nasional maupun pasar internasional. saat kondisi covid-19 ini sulit melakukan pemasaran. Pasar tergoyahkan dengan adanya covid-19 sehingga perekonomian menurun. Maka dari itu perlu adanya strategi penetrasi pasar unntuk meningkatkan perekonomian.

Apakah kalian tahu strategi penetrasi pasar?

Sebelum membahas lebih jauh, baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai strategi. Menurut Stephanie K. Marrus yang dikutip oleh Sukristono, strategi didefenisikan sebagai suatu proses yang nantinya sebagai penentu rencana sebelum pemimpin mempunyai tujuan jangka panjang dalam sebuah organisasi, disertai oleh cara yang diterapkan untuk menggapai suatu tujuan. Lebih lanjut menurut Hamel dan Prahalad mendefinisikan strategi sebagai suatu tindakan yang dilakuukan oleh seseorang yang bersifat meningkat dan terus menerus, serta diimplementasikan pada landasan sudut pandang yang diharapkan oleh pelanggan di masa depan nantinya. 

Selanjutnya kita akan membasah pengertian dari penetrasi pasar. Penetrasi pasar merupakan keberhasilan seberapa banyak penjualan suatu produk atau layanan yang ada di suatu pasar tertentu. Pengukuran penetrasi pasar ini diukur pada jumlah volume penjualan barang atau jasa yang ada .Strategi yang dilakukan bisa dengan melibatkan pelanggan, caranya bisa membujuk untuk membeli . Semuanya dapat diimplementasikan dengan berbagai metode yaitu peningkatan komunikasi pemasaran dan memberikan harga yang kompetitif.

Strategi dan Penetrasi Pasar sudah kita ketahui, baiklah berikutnya kita akan membahas pengertian dari Strategi Penetrasi Pasar. Menurut Igor Ansoff Strategi Penetrasi Pasar merupakan suatu cara untuk meningkatkan pendapatan perusahaan menggunakan pendekatan yang biasa digunakan untuk pemilihan strategi. Dalam pemilihan strategi perlu adanya analisis mengenai produk dan pasar yang akan dituju.

Menurut pemasaran, strategi penetrasi pasa sering sekali dikaitkan sebagai strategi yang dilakukan untuk meningkatkan atau sedalam apa penjualan dari suatu produk atau jasa. Dari sana kita mengetahui bahwasannya semakin dalam penetrasinya maka akan semakin tinggi volume penjualan dari suatu produk. Oleh karena itu apabila seseorang ingin meningkatkan atau memperluas penjualan dari produknya maka pemasar perlu melakukan strategi penetrasi pasar. 

Berikut ini macam-macam strategi penetrasi pasar yang bisa diterapkan :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline