Lihat ke Halaman Asli

7 Sikap yang Wajib di Hindari

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Banyak hal yang perlu kita sadari bahwa sikap pun perlu diperhatikan dan dijaga. Sikap yang perlu kita hindari antara lain :

1. Jangan buruk sangka

Menurut Imam Qurthubi menerangkan bahwa buruk sangka adalah melemparkan tuduhan kepada orang lain tanpa dasar yang benar. Dalam kehidupan sehari - hari seringkali kita menemukan peristiwa seperti di atas. Bahkan, boleh jadi diri kita pun tidak luput melakukan buruk sangka kepada orang lain. Baik disadari maupun tanpa disadari oleh diri kita sendiri. Jika sudah demikian, maka hidup kita tidak akan tenang.

2. Jangan saling memata-matai

Memang ada kegiatan memata-matai yang diperbolehkan. Yaitu kegiatan memata-matai pihak yang memusuhi dan memerangi Islam. Sedangkan di luar itu, maka tidak diperbolehkan. Baik terhadap sesama muslim maupun terhadap non muslim yang hidup di tengah - tengah umat Islam dan tidak memerangi umat Islam. Jika demikian, apalagi perbuatan memata-matai kehidupan saudara kita sendiri, sesama muslim, atau tetangga kita. Setiap orang tentu tidaklah sempurna. Selalu ada kekurangan dan kesalahan. Terlebih ... to be continue

3. Jangan saling mencari aib

4. Jangan saling bersaing kemegahan dunia

5. Jangan saling mendengki

6. Jangan saling membenci

7. Jangan saling bermusuhan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline