Lihat ke Halaman Asli

yuniasih

Mahasiswa

Berita Acara PPL SMK Sasmita Jaya 2

Diperbarui: 22 Mei 2024   09:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Kegiatan Pelepasan Mahasiswa PPL Unpam/dok. pri

                                                         MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG 

                                                                                         MELAKSANAKAN PPL DI SMK SASMITA JAYA 2

Kota Tangerang selatan, sebagai bentuk dari kepedulian pihak kampus universitas pamulang terkhusus program studi Pendidikan ekonomi. Dalam rangka menghasilkan lulusan mahasiswa yang mempunyai kompetensi sebagai calon- calon tenaga pendidik professional maka diharuskan kegiatan wajib yang harus di ikuti seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi yaitu program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai salah satu syarat untuk bisa menyelesaikan kegiatan tugas akhir selama masa perkuliahan di Universitas Pamulang. Tujuan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa mampu membentuk diri menjadi seorang tenaga pendidik profesional yang mempunyai kompetensi yang sesuai berdasarkan pada kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Selain itu, Manfaat yang didapat mahasiswa  praktikan adalah menambah pengalaman dalam mengajar,menambah ilmu, membuat lebih percaya diri dalam mengajar di depan kelas, dan menambah kreatifitas dalam menciptakan proses belajar mengajar yang baik juga menyenangkan bersama peserta didik.

Sebelum penerjunan PPL dilaksanakan, Program Studi Pendidikan Ekonomi sudah menyiapkan bekal saat nanti melaksanakan PPL mahasiswa diharuskan mengikuti kegiatan tersebut selama 3 hari berturut-turut yaitu dari hari selasa sampai kamis pada tanggal 16-18 Januari 2024 dan dilaksanakan pada malam hari agar mahasiswa diharapkan bisa mengikuti  semua kegiatan pembekalan PPL ini. Di tanggal 20 januari 2024 hari sabtu diadakan penutupan pembekalan dan sekaligus pelepasan mahasiswa pendidikan ekonomi yang akan melakukan PPL pada siang hari di lapangan Universitas Pamulang Viktor yang dihadiri oleh Dekan FKIP bapak Drs. Ali Nurdin, M.Pd dan bapak Kaprodi Pendidikan Ekonomi Dr. Saiful Anwar,S.Pd.,S.E.,M.Pd serta seluruh Bapak dan Ibu Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Penempatan PPL kami berada di SMK Sasmita jaya 2 dikarenakan letaknya strategis dari anggota PPL kami sehingga tidak terlalu jauh maupun tidak terlalu dekat. Saat pelepasan PPL di lapangan Universitas Pamulang kami mendapatkan dosen pembimbing yaitu Ibu Soffi Soffiatun, S.Pd., M.M.Pd.  Pada penerjunan PPL langsung ke sekolah, kami mahasiswa PPL hadir didampingi oleh dosen pembimbing kami yaitu Ibu Soffi Soffiatun, S.Pd.,M.M.Pd. dan bertemu dengan Waka Kurikulum yaitu Bapak Zainudin, M.Kom. Selanjutnya kami diarahkan kepada guru yang akan menjadi guru pamong kami, dikarenakan kami ada 7 mahasiswa PPL maka kami diberikan guru pamong mahasiswa PPL guru pamong yang akan membimbing dan mengarahkan kami selama berada di SMK Sasmita jaya 2 ini.

Nama guru pamong SMK Sasmita jaya 2, mapel dan nama mahasiswa :

  • Isti Yulianti, S.Pd. ,Produk kreatif dan Kewirausahaan, Adnaan Ahmad Tarigan, Gita Permata Aulia.
  • Maemunah, S.Pd. , Produk kreatif dan Kewirausahaan, Adhe Firsta Christy, Siti Amalia, Januaryus Bibi.
  • Sri Nurhayati, S.E. , Produk kreatif dan Kewirausahaan, Susanti, Yuniasih.

Dalam tugas mengajar pada PPL kami pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan 2 kali dalam seminggu dan Dalam pembagian tugas piket mendapat bagian 1 kali dalam seminggu. Jadi kami mahasiswa PPL mengajar dan piket di SMK Sasmita jaya 2 sebanyak 3 kali  dalam seminggu hingga penarikan PPL tiba. Selanjutnya, dalam mengajar di kelas kami mahasiswa PPL melakukan pengajaran dengan menggunakan model dan metode pembelajaran yang menyenangkan baik berupa konvensional maupun modern dan mengikuti kondisi peserta didik agar pembelajaran yang dilakukan berlangsung menyenangkan dan menarik sehingga belajar dan bermain. Selain melakukan pembelajaran di kelas kami juga diberikan contoh RPP, PROTA, PROSEM, dan SILABUS untuk referensi kami dalam membuat rencana pembelajaran tersebut dan dibimbing oleh para guru pamong kami masing -- masing.

Di hari Jumat , 03 Mei 2024, selesai kami melaksanakan tugas yang diberikan pihak kampus dengan melaksanakan PPL di sekolah. Dihadirkan oleh Kepala Sekolah ibu   Siti zubaidah S.Pd M.Pd.i dan juga guru pamong juga serta Ibu Soffi Soffiatun, S.Pd.,M.M.Pd. Saat penarikan PPL kami memberikan kenang- kenangan kepada Kepala Sekolah ibu Siti zubaidah S.Pd M.Pd.i sebagai bentuk terimakasih kepada sekolah dan juga bingkisan untuk para guru pamong kami karena telah membantu dan membimbing kami selama di sekolah.

Kami sangat berterimakasih kepada pihak kampus Universitas Pamulang pihak penyelenggara dan tempat kami PPL disekolah SMK Sasmita Jaya 2 karena sudah diajarkan dan dibimbing selama kami mengajar dan piket di sekolah, Harapan kami dengan diadakannya kegiatan PPL ini dapat meningkatkan kualitas lulusan dari mahasiswa pendidikan ekonomi yang nantinya akan terjun langsung menjadi seorang guru sehingga mendapat bekal yang cukup, dan ilmu yang banyak  karena sudah mendapat pengalaman dan gambaran bagaimana mengajar di sekolah secara langsung.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline