Lihat ke Halaman Asli

abdul afit

Tutor geografi

San Marino Raih Kemenangan Pertama di Kompetisi Resmi Sepanjang Sejarah

Diperbarui: 7 September 2024   23:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama San Marino melawan Liechtenstein pada matchday 1 UEFA Nation's League 2024/2025 (Foto: ig san_marino_nazionale_calcio)

Negara liliput San Marino berhasil meraih kemenangan bersejarah diajang resmi UEFA Nation's League 2024/2025 Liga D grup 1 yang digelar di Stadion Olimpico di Serravalle, 6 September 2024 (waktu Indonesia). San Marino berhasil menghajar negara liliput lainnya, Liechtenstein dengan skor 1-0. 

Gol San Marino dicetak pada menit 53 oleh pemain muda berusia 19 tahun Nicko Sensoli yang bermain untuk klub San Marino Academy di liga domestik negara itu.

Kemenangan San Marino atas Liechtenstein menjadi yang pertama dalam 20 tahun terakhir dan yang kedua sepanjang sejarah negara itu. San Marino pertama kali bertanding dalam kompetisi resmi sejak tahun 1990 dan belum sekalipun meraih kemenangan. Kemenangan pertamanya didapat dalam laga uji coba melawan Leichtenstein dengan skor 1-0 pada 28 April 2004. Itu berarti kemenangan melawan Leichtenstein diajang UEFA Nation's League 2024/2025 menjadi yang pertama sepanjang sejarah negara itu dalam kompetisi resmi!

San Marino merupakan negara kecil di Eropa dengan luas setara kota Banda Aceh hanya 61 km persegi dengan jumlah penduduk 33.000 jiwa pada tahun 2022. Seluruh wilayah San Marino dikelilingi oleh Italia (enclave). Sedangkan Liechtenstein negara kecil berpenduduk 40.000 jiwa yang menempati area seluas 160 km persegi (seluas kota Tangerang). Liechtenstein termasuk negara berbahasa Jerman yang dikelilingi Swiss dan  Austria.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline