Lihat ke Halaman Asli

abdul afit

Tutor geografi

La Liga Spanyol Liga Top Eropa Si Paling Lokal

Diperbarui: 7 Agustus 2024   11:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Erling Halland (foto: AFP via Radar Madiun)

Liga-liga top Eropa akan memasuki musim baru 2024/2025 Agustus ini. La Liga membuka musim 2024/2025 dengan pertandingan antara Athletic Bilbao melawan Getafe, Kamis 16 Agustus2024.

Liga Primer Inggris dan Ligue 1 Perancis memulai pekan pertama pada Jumat 17 Agustus 2024. Pekan pertama Liga Primer Inggris diawali laga di Stadion Old Trafford yang mempertemukan Manchester United melawan Fulham. Sedangkan laga pekan pertama Ligue 1 dibuka dengan pertandingan Le Havre melawan raksasa Perancis PSG.

Satu hari kemudian Serie A Italia memulai pekan pertama dengan partai pembuka antara Genoa melawan Inter Milan. 

Sepekan kemudian Jumat 24 Agustus 2024, Borussia Möenchengladbach melawan Bayer Leverkusen akan menandai pekan pertama Bundesliga musim 2024/2025.

Klub-klub terpantau masih mempersiapkan tim untuk mengarungi musim baru dengan  menggelar pertandingan pra musim. Klub-klub juga mendatangkan pemain baru baik lokal maupun asing sebelum jendela transfer musim panas ditutup pada awal September 2024.

Liga-liga top Eropa terkenal dengan kebijakan liberalisasi pemain asingnya.  Klub-klub bebas merekrut pemain asing dalam jumlah besar hingga lebih dari 50% skuadnya. Namun ada juga lho, liga top Eropa yang lebih mempercayai pemain lokal dibarisan skuadnya.

Liga manakah yang paling banyak berisi pemain asing musim ini? Berikut jumlah pemain asing di liga-liga top Eropa berdasarkan situs transfermarkt 5 Agustus 2024:

1. Liga Primer Inggris

Jumlah pemain asing Liga Primer Inggris musim ini sebanyak 390 pemain atau 65,8% dari total 593 pemain. Pemain asing asal Norwegia, Erling Halland masih memegang rekor sebagai pemain dengan market value tertinggi 180 juta Euro.

 Walaupun pemain asing melimpah di Liga Primer Inggris,  timnas Inggris masih mampu bersaing di turnamen mayor seperti Piala Eropa dan Piala Dunia. Kewajiban klub-klub  untuk mendaftarkan sejumlah pemain akademi (homegrown player) menjadi salah kunci pemain lokal untuk mendapatkan menit bermain di liga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline