Lihat ke Halaman Asli

abdul afit

Tutor geografi

Inggris Juara Piala Eropa U21 2023 Kalahkan Spanyol

Diperbarui: 9 Juli 2023   06:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: UEFA via Getty Images

Young Three Lions Inggris berhasil keluar sebagai juara Piala Eropa U21 2023 Rumania-Georgia setelah mengalahkan Spanyol 1-0.

Gol Inggris berawal dari tendangan bebas pemain muda Manchester City, Cole Palmer yang mengenai Curtis Jones. Curtis Jones pemain muda asal klub Liverpool membalikkan badan dan membelokkan ke arah gawang. kiper Spanyol,  Amau Tenas terpedaya, 1-0 untuk Inggris. 

Spanyol memiliki kesempatan menyamakan kedudukan menjelang babak kedua berakhir. Wasit meninjau VAR dan memberikan penalti untuk Spanyol. Sayang, Abel Ruiz gagal menjalankan tugasnya. 

Sempat terjadi kericuhan selepas kegagalan Ruiz mengeksekusi penalti. Wasit mengeluarkan dua kartu merah untuk kedua tim. Pemain Inggris, Morgan Gibbs-White (Nottingham Forest) dan pain Spanyol, Antonio Blanco (Deportivo Alaves) dikartu merah. 

Wasit Espen Eskas asal Norwegia total mengeluarkan 11 kartu kuning dan 2 kartu merah dilaga panas ini. Lima kartu kuninh untuk Inggris dan 6 untuk Spanyol. Kedua tim mendapatkan masing-masing satu kartu merah. 

Gelar ini menjadi yang ketiga bagi Inggris setelah menjuarai pada tahun 1982 dan 1984. Ketika itu turnamen masih berformat kandang tandang (1978 hingga 1992). Turnamen berganti berformat home turnamen (terpusat) sejak 1994 hingga sekarang. 

Bagi Spanyol, ini menjadi kegagalan untuk meraih gelar keenam. Spanyol terakhir meraih gelar juara Piala Eropa U21 pada 2019.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline