Lihat ke Halaman Asli

abdul afit

Tutor geografi

Selain Palestina, Siapa Satu Lawan Lainnya Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023?

Diperbarui: 20 April 2023   11:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemain keturunan Indonesia, Mark Klok dan kawan-kawan merayakan gol (foto: PSSI) 

Beberapa waktu yang lalu PSSI dan Federasi Sepak bola Palestina masing-masing  telah mengkonfirmasi bahwa keduanya akan menjalani pertandingan persahabatan FIFA matchday periode 12-20 Juni 2023 pada tanggal 14 bulan tersebut. 

Dari riwayat sebelumnya, timnas biasanya menjalani dua pertandingan melawan negara yang sama di FIFA matchday. Akan tetapi melawan Palestina sepertinya hanya akan berlangsung sekali saja. Kenapa demikian? 

Pada FIFA matchday Juni 2023, Palestina selain akan melawan Indonesia, mereka juga sudah memiliki jadwal bertemu tim Asia Timur, China enam hari berselang (20/6). 

Itu berarti Indonesia hanya satu kali melawan Palestina. Apakah Indonesia akan mengisi satu slot lainnya dengan mencari timnas lain sebagai lawan uji coba atau mengosongkan slot dan hanya bertanding sekali saja? 

Sayang sekali jika dikosongkan karena uji coba FIFA matchday sangat bagus untuk persiapan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di bulan Oktober 2023 dan Piala Asia 2024 Januari mendatang. 

Penulis punya referensi beberapa negara dari berbagai konfederasi (benua) yang bisa dijadikan satu lawan lainnya sesuai dengan kriteria yang digaungkan PSSI dan pelatih timnas, Shin Tae Yong. Yakni, mencari lawan diperingkat 100 besar FIFA. 

1. Eropa: Azerbaijan

Negara pecahan Uni  Soviet yang terletak di tepi Laut Kaspia ini berperingkat 124 FIFA. Azerbaijan baru memiliki satu jadwal pertandingan yakni melawan Estonia pada 17 Juni 2023 di kualifikasi Piala Eropa 2024.

PSSI dapat melobi mereka untuk beruji coba melawan Indonesia setidaknya 3 hari berselang (20/6). 

Selebihnya cukup sulit mencari tim Eropa lainnya untuk FIFA matchday karena mayoritas sudah memiliki jadwal uji coba. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline