Lihat ke Halaman Asli

Bang Doel

Penulis tentang keperempuanan, pendidikan dan kaum marginal.

Mahkota Surga Untuk Mu

Diperbarui: 24 Desember 2022   10:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Mahkota adalah sebuah barang atau benda yang teramat berharga. Seseorang yang memakai mahkota sudah diapastikan bahwa dia bukanlah orang biasa. Di dunia, mahkota biasa dipakai oleh pembesar-pembesar suatu negara. Pada zaman dahulu, mahkota dipakai oleh raja dan orang-orang besar yang ada disebuah kerajaan. Indonesia sebelum nama itu disebut-sebut sebagai neraga maritim yang besar, pada mulanya teridir dari beberapa kerajaan yang ada di dalamnya. Akan tetapi, saya tidak akan membahas kerajaan yang ada di Indonesia dan kerjaan manapun yang ada di Indonesia.

Saya akan membahas sebuah mahkota yang dipakai oleh para penghuni surga yang amat di damba-dambakan oleh seorang hamba Allah.

Suatu hadis yang diriwayatkan oleh Muadz Al-Juhani radhiyallahu 'anhu, bahwasannya Rasulullah pernah bersabda:


"Barang siapa yang menghafal Alquran dan mengamalkan isinya, maka akan dipakaikan kepada kedua orang tuanya mahkota pada Hari Kiamat."

Dalam hadis ini disebutkan:

"Barang siapa yang menghafal Alquran dan mengamalkan isinya." Maksudnya, bahwas mereka yang merupakan Ahlul Quran adalah keluarga Allah dan orang-orang dekat dengan Allah Subhanahu wa Taala, yaitu mereka yang menggabungkan antara ilmu dan amalan, menggabungkan antara pemahaman dan praktik. Karena mengamalkan petunjuk-petunjuk Alquran adalah tujuan diturunkannya Alquran. Karena Alquran diturunkan untuk dilaksanakan perintahnya, dan dijauhi larangannya, serta dibenarkan kabar-kabarnya. Maka tidak layak dan tidak sepantasnya bagi umat Islam sekadar membaca Alquran tanpa memahami dan menadabburi. Apalagi tidak mengamalkannya.

Dalam hadis disebutkan: "Akan dipakaikan kedua orang tuanya mahkota pada Hari Kiamat." Karena kedua orang tua adalah sebab yang mendidik dan memotivasi anaknya untuk memerhatikan Alquran. Maka ia pun akan mendapatkan balasan dengan keduanya dipakaikan mahkota pada Hari Kiamat.

Kemudian lanjutan hadis tadi:


"Mahkota tersebut lebih terang dan lebih baik daripada cahaya matahari di rumah-rumah dunia, seandainya cahaya tersebut ada padanya."


"Maka bagaimana lagi keadaan orang yang melakukan perkara tersebut?"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline