Lihat ke Halaman Asli

SDN Sidomulyo 01 Gelar Sosialisasi Cegah Bullying, Ajak Siswa Jadi Sahabat Terbaik

Diperbarui: 7 Agustus 2024   06:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halaman SDN Sidomulyo 01/Kelompok 3 Gelombang 1

Sebagai bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kelompok 3 Gelombang 1 Anggota kelompok tersebut terdiri dari Ajrina Noor Aprilia (FEB/Manajemen), Nadya Elmaliya Putri (FEB/Akuntansi), Abdul Kholik Alfais (FEB/Manajemen), Elvin Nuary Santoso (FEB/Manajemen), Devina Galuh Pinastika (FEB/Manajemen) serta dibimbing oleh Bapak Faris Afrizal, S.E, M.Acc selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Pengabdian Mahasiswa pada Masyarakat (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang. Dalam upaya menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman, kami di SDN Sidomulyo 01 menggelar sosialisasi bertema "Pengaruh Peran Teman Sebaya dalam Penyebaran dan Pemberantasan Bullying". Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga hubungan baik sesama teman dan mencegah terjadinya perundungan.

Sosialisasi yang diikuti dari kelas 3,4,5 dan 6 siswa-siswi SDN Sidomulyo 01 ini dikemas dengan menarik dan interaktif. Melalui penjelasan, diskusi, dan pembuatan pohon perasaaniu, para siswa diajak untuk memahami apa itu bullying, jenis-jenis bullying, serta dampak negatif yang ditimbulkan oleh tindakan perundungan.

[Ibu Luluk Lutfiati], selaku Kepala Sekolah DN Sidomulyo 01, menjelaskan bahwa teman sebaya memiliki peran yang sangat penting dalam pencegahan bullying. "Teman sebaya adalah orang-orang terdekat yang paling sering berinteraksi dengan siswa. Oleh karena itu, mereka memiliki pengaruh yang sangat besar dalam membentuk perilaku dan sikap siswa," ujarnya.

Dalam sosialisasi ini, siswa juga diajarkan tentang cara-cara untuk mencegah dan mengatasi bullying. Mereka didorong untuk berani melaporkan setiap tindakan bullying yang mereka lihat, baik kepada guru, orang tua, maupun teman yang dipercaya. Selain itu, siswa juga diajak untuk menjadi sahabat yang baik dengan saling menghargai, menghormati, dan mendukung satu sama lain. Dipenghujung kegiatan mereka diminta untuk menuliskan kata-kata untuk pencegahan bullying yang ditempel dipohon perasaanku.

Ruang Kelas SDN Sidomulyo 01/Kelompok 3 Gelombang 1

Ruang Kelas SDN Sidomulyo 01/Kelompok 3 Gelombang 1

Kemas Gunawan, salah satu siswa kelas 5, mengaku mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini. "Saya jadi lebih paham tentang apa itu bullying dan bagaimana cara mencegahnya. Saya juga jadi lebih berani untuk membantu teman yang menjadi korban bullying," ungkapnya.

[Zaki] menambahkan, "Sosialisasi ini sangat seru dan menyenangkan. Saya berharap semua teman-teman saya bisa menerapkan apa yang sudah kita pelajari hari ini."

Setelah mengikuti sosialisasi, diharapkan para siswa SDN Sidomulyo 01 dapat menjadi agen perubahan di lingkungan sekolah. Mereka diharapkan dapat menyebarkan pesan positif tentang pentingnya menghormati perbedaan dan membangun hubungan yang baik dengan sesama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline