Lihat ke Halaman Asli

Abdul Aziez

Mahasiswa

Menyisipkan Fungsi Dasar pada Excel

Diperbarui: 24 Juni 2024   20:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Menyisipkan Fungsi Dasar (SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan COUNT)

Fungsi adalah rumus yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel, yang akan membantu dalam proses perhitungan. kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Sebelum menulis semua fungsi pada Microsoft Excel, jangan lupa selalu diawali dengan tanda sama dengan "=". Setalah itu menulis tanda "=" jangan lupa dikasih tanda kurung "(...)". Hal tersebut wajib digunakan sebelum menulis rumus fungsi yang terdapat pada Microsoft Excel.

1. SUM

Rumus Microsoft Excel pertama dan paling banyak digunakan adalah SUM. Rumus SUM berfungsi untuk menjumlahkan seluruh data dalam satu baris atau satu kolom. Cara menggunakan rumus SUM pada Microsoft Excel yaitu dengan menuliskan formula "=SUM(cell pertama:cell terakhir)". Contohnya "=SUM(C4:C8)".

Maka hasilnya adalah 75.

2. AVERAGE

AVERAGE berfungsi untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu data. Cara penggunaanya yaitu dengan menulis formula "=AVERAGE(cell pertama:cell terakhir)". Contohnya "=AVERAGE(D4:D8)".

Dokpri

Maka hasilnya adalah 13,4.

3. MAX dan MIN

Rumus MAX berfungsi untuk menampilkan nilai tertinggi dari kumpulan data. Cara menggunakannya yaitu dengan menuliskan formula "=MAX(cell pertama:cell terakhir)". Contohnya "=MAX(C4:C8)", maka hasilnya adalah 20.

Dokpri

Sedangkan rumus MIN berfungsi untuk menampilkan nilai terendah pada kumpulan data. Rumus yang digunakan adalah "=MIN(cell pertama:cell terakhir)". Contohnya "=MIN(D4:D8)", maka hasilnya adalah 10.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline