Lihat ke Halaman Asli

Abdul Rozak

Menjadi Manusia yang memanusiakan

Anjuran Berpikir dan Berdzikir dalam Al Quran

Diperbarui: 1 Mei 2022   16:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Anjuran Berpikir dan Berdzikir dlm Al Qur'an adalah proporsional/seimbang. Ekspresi ayat ttg anjuran berpikir bisa terlihat dalam beragam bentuk, seperti dengan bertanya, "Afalaa ta'qilun" (Apakah kalian tidak menggunkan akal?) atau "Afalaa tatafakkarun" (Apakah kalian tidak berfikir?) ada 70 an ayat. Di dalam Alquran, kata 'dzikir' disebut sebanyak 267 kali dengan berbagai bentuk kata (derivasinya).

Alih-alih membiarkan Hati & Pikiran rusak dengan kedengkian, kesembongan & keserakahan, mari kita gunakan karunia Allah yang tak ternilai ini yaitu akal dan hati dengan sebaik baiknya.

Kesalahan paradigma dengan jargon 'berpegang pada Al-Qur'an dan hadis', seolah-olah diartikan meninggalkan akal. Atau sebaliknya, orang yang menggunakan akalnya berarti bukan orang yang berpegang teguh pada Al-Qur'an dan hadis. 

Terkait Berdzikir (hati) & Berpikir (akal) ada dua kelompok yang cenderung ekstrem membedakannya. Hanya berpikir saja, tanpa berdzikir atau sebaliknya berdzikir saja, tanpa berpikir. Dan beberapa terjadi antara satu kelompok dengan yang lain saling menyalahkan atau saling mengklaim paling benar terhadap kecenderungan masing-masing. 

Kalau berpikir saja tanpa berdzikir kesannya kurang religius, kurang syar'i, terlihat ateis/agnostik sedangkan kalau berdzikir saja kesannya mubadzir, terkesan hayawanun tanpa Natiq (hewan tanpa pikiran).

Menyeimbangkan keduanya memang sulit apalagi yang terkait profesi seperti akademisi atau intelektual yang cenderung berpikir dan ahli thoriqoh/ahlu Dzikr yang cenderung berdzikir. Setidaknya bila ada kecenderungan kepada salah satu -berdzikir/berpikir- diimbangi dengan pasangannya, walaupun takarannya tidak sama antara berdzikir & berpikir.

"Kita dianugrahi akal dan hati. Marilah kita syukuri dengan menggunakannya untuk berfikir dan berdzikir," Tweet Gus Mus




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline