Lihat ke Halaman Asli

Abdul Rozak

Menjadi Manusia yang memanusiakan

Melepaskan Gaya Hidup

Diperbarui: 11 April 2022   07:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Strata ekonomi adalah jenis Strata yang terbuka. Artinya setiap orang bisa pindah Strata atas ke bawah atau bawah ke atas. Kita akan berbicara perpindahan Strata dari atas ke bawah.

Beberapa contohnya :

- Seorang pejabat yang tak lagi menjabat, kalau dulu apa2 tinggal tunjuk, apa2 selalu di sanjung orang sekitar, kalau sudah tak lagi menjabat yang berlaku layaknya rakyat biasa. Supaya tidak terkena post power syndrom (masih merasa berkuasa padahal sudah tidak lagi). Kakayaan mengikuti jabatan, artinya jika sudah tak menjabat gaya hidup mewah pejabat ya ditinggal, jangan terus dipelihara (tuman/kebiasaan).

- Orang Kaya (Boss, Juragan, Konglomerat) kalau bisnisnya sudah tak selancar dulu, pendapat menjadi mengecil, ya gaya hidup "sultan"(bermewah-mewah) mbok ya ditinggal. Kalau dipaksakan laba perusahaan tak akan sanggup menahan sehingga yang terjadi aset2 terjual untuk memenuhi gaya hidup mewah.

- PNS yang sudah purna, dulunya mungkin gaji bisa lima kali uang pensiun, tapi kalau sudah purna dan hanya hidup dari uang pensiun ya gaya hidup mewah segara di lepas.

Memang berat & susah melepas kebiasaan lama, tapi kalau tidak segera, malapetaka finansial bisa melanda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline