Lihat ke Halaman Asli

Abdon Banafanu

Buruh harian

Bahaya Logical Fallacy dalam Membuat Keputusan

Diperbarui: 25 Juni 2024   21:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kekeliruan logika adalah segala jenis kesalahan dalam penalaran yang menyebabkan suatu argumen menjadi tidak valid . Hal ini dapat berupa memutarbalikkan atau memanipulasi fakta, menarik kesimpulan yang salah, atau mengalihkan perhatian Anda dari masalah yang ada. Secara teori, sepertinya mereka cukup mudah dikenali, namun tidak selalu demikian.

Terkadang kekeliruan logika sengaja digunakan untuk mencoba memenangkan perdebatan. Dalam kasus ini, sering kali hal tersebut disampaikan oleh pembicara dengan tingkat keyakinan tertentu . Dan dengan melakukan hal ini, mereka menjadi lebih persuasif : Jika mereka terdengar seolah-olah mereka tahu apa yang mereka bicarakan, kita akan lebih mungkin memercayai mereka, meskipun pendirian mereka tidak sepenuhnya masuk akal.

Salah satu kekeliruan logika yang umum terjadi adalah penyebab yang salah . Ini terjadi ketika seseorang salah mengidentifikasi penyebab sesuatu. Dalam argumen saya di atas, saya menyatakan bahwa dinosaurus punah karena memakan sayur-sayuran. Meskipun kedua hal ini benar-benar terjadi, pola makan sayur-sayuran bukanlah penyebab kepunahannya

Mungkin Anda pernah mendengar penyebab palsu yang lebih sering direpresentasikan dengan ungkapan "korelasi tidak sama dengan sebab-akibat ", artinya hanya karena dua hal terjadi pada waktu yang bersamaan, belum tentu salah satu penyebab yang lain.

Manusia jerami adalah ketika seseorang mengambil argumen dan salah mengartikannya sehingga lebih mudah untuk menyerang . 

Manusia jerami sering digunakan dalam politik dalam upaya mendiskreditkan pandangan politisi lain mengenai suatu isu tertentu.

Mengajukan pertanyaan adalah jenis argumen melingkar di mana seseorang memasukkan kesimpulan sebagai bagian dari alasannya.

Dilema yang salah (atau dikotomi yang salah) adalah kekeliruan logika di mana suatu situasi disajikan sebagai pilihan salah satu/atau padahal, pada kenyataannya, terdapat lebih banyak pilihan yang tersedia daripada hanya dua pilihan yang dipilih.

Kebanyakan kekeliruan logika dapat diketahui dengan berpikir kritis . Pastikan untuk mengajukan pertanyaan: Apakah logika bekerja di sini atau hanya retorika? Apakah "bukti" mereka benar-benar mengarah pada kesimpulan yang mereka usulkan? Dengan menerapkan pemikiran kritis, Anda akan mampu mendeteksi kekeliruan logika di sekitar Anda dan mencegah diri Anda sendiri untuk menggunakannya juga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline